Search

WHO Minta Jokowi Deklarasikan Darurat Nasional Corona Jika...

Jakarta, CNBC IndonesiaWorld Health Organization (WHO) mengirimkan surat ke Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk mengantisipasi dan mengatasi virus corona COVID-19. Surat tersebut dikirimkan Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus tanggal 10 Maret 2020.

Dalam suratnya, WHO mengapresiasi langkah yang diambil pemerintah dan akan memberikan dukungan pada pemerintah dan kementerian terkait untuk menghadapi corona.


WHO mengatakan telah bekerja tanpa rasa lelah dengan negara anggota dan para pakar untuk menganalisis dan menyebarluaskan pengetahuan vital untuk respons COVID-19.

"Untuk mengalahkan virus ini, setiap negara perlu untuk mengambil desain ukuran yang kuat guna memperlambat transmisi dan penghambat penyebaran," ujar WHO dalam surat yang diterima CNBC Indonesia, Sabtu (14/3/2020).

Sayang, lanjut WHO, pihaknya tak mendeteksi kasus ini pada awalnya sehingga virus kian meluas dan berakhir dengan banyaknya korban jiwa di beberapa negara. Untuk menghentikan WHO mendorong negara seluruh dunia untuk fokus pada deteksi kasus dan kapasitas testing laboratorium, terutama di negara dengan populasi besar.

WHO menambahkan deteksi dini kasus ini merupakan faktor kritikal untuk memahami transmisi COVID-19 dan menahan penyebaran kasus. Pada negara di mana sedang terjadi transmisi yang tak terdeteksi atau sedang terdereksi WHO merekomendasikan beberapa hal ini:

Meningkatkan mekanisma respons darurat termasuk deklarasi darurat nasional

Edukasi dan secara aktif berkomunikasi dengan publik terkait risiko yang tepat dan keterlibatan masyarakat.

Mengintensifkan penemuan kasus, pelacakan kontak, pemantauan, karantina kontak, dan isolasi kasus.

Memperluas pengawasan COVID-19 menggunakan sistem pengawasan penyakit pernapasan yang ada dan pengawasan berbasis rumah sakit.

Uji kasus yang dicurigai per definisi kasus WHO, kontak kasus yang dikonfirmasi; menguji pasien yang diidentifikasi melalui pengawasan penyakit pernapasan.

Membangun laboratorium dengan kapasitas yang cukup di daerah yang memungkinkan tim mengidentifikasi klaster transmisi agar segera bisa diambil tindakan.

Promosi nan intensif mengenai kesehatan publik termasuk tentang tangan higenis, etiket pernafasan dan pratik menjaga jarak dengan orang yang sedang sakit.

"Saya akan sangat mengapresiasi semua dukung penuh Anda untuk mengimprementasikan semua resolusi kesehatan publik yang menunjukkan paket intervensi kritikal yang dibutuhkan untuk menghadapi masalah ini secepatnya," tulis WHO.

WHO juga meminta agar Indoneisa mau berbagai informasi terperinci tentang pengawasan dan pengujian, identifikasi kontak, pelacakan kontak untuk COVID-19 dan data lainnya.

"Saya penting bahwa who menerima data kritikal untuk memfasilitasi penilaian risiko komprehesif secara global dan untuk mengefektifkan kolaborasi dan kordinasi dengan kementerian kesehatan dan kementerian terkait yang mengurusi masalah ini," tambah WHO.

[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/2TNOYRr

March 14, 2020 at 07:18AM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "WHO Minta Jokowi Deklarasikan Darurat Nasional Corona Jika..."

Post a Comment

Powered by Blogger.