Search

COVID-19 Bikin Ekonomi Asia Lesu, Harga Batu Bara Melorot

Jakarta, CNBC Indonesia - Kemarin, harga batu bara kontrak berjangka kompak ditutup melemah baik batu bara acuan Australia maupun Indonesia. Walaupun perekonomian China perlahan pulih, tetapi pandemi COVID-19 yang masih merebak membuat permintaan batu bara di kawasan Cekungan Pasifik ikut terdampak.

Selasa (31/3/2020), harga batu bara kontrak futures ICE Newcastle (6.000 Kcal/kg) melorot 2,61% ke level US$ 67,1/ton. Batu bara termal Australia banyak di ekspor ke negara-negara seperti Korea Selatan dan Jepang. Namun impor kedua negara ini pada bulan Maret mengalami penurunan.

Mengacu pada data Refinitiv, impor batu bara Korea Selatan dan Jepang hingga akhir Maret masing-masing sebesar 7,8 juta ton dan 13,1 juta ton. Volume impor tersebut jauh lebih rendah dari pada periode yang sama tahun lalu untuk Korea Selatan sebesar 9,7 juta ton dan Jepang 14,9 juta ton.


Pada masa transisi musim bulan April ke Mei, permintaan pemanas akan menurun. Ditambah dengan adanya kekhawatiran pandemi COVID-19 yang sedang berlangsung, hal ini masih jadi risiko jangka pendek untuk permintaan batu bara di kawasan Cekungan Pasifik.

Sementara itu di saat yang sama harga batu bara kontrak futures Indonesia yang berkalori rendah (4.200/Kcal/kg) juga turun 3,27% ke level US$ 31,5/ton dan menjadi harga terendah untuk kuartal pertama tahun ini.

Salah satu faktor yang mempengaruhi penurunan harga batu bara berkalori rendah ini adalah lockdown di India. Data Refinitiv menunjukkan, impor batu bara India pada bulan Maret sebesar 14,2 juta ton. Padahal di periode yang sama tahun sebelumnya impor mencapai 19,4 juta ton.

India banyak mengimpor batu bara dari Indonesia untuk kebutuhan pembangkit listrik mereka. Dengan adanya lockdown, permintaan akan listrik terutama untuk sektor industri akan turun.



Reuters melaporkan, India menggunakan 2,59 miliar unit listrik pada 27 Maret atau pada hari ketiga lockdown nasional. Angka ini jauh lebih rendah ~25% dibandingkan dengan konsumsi rata-rata selama tiga minggu pertama bulan Maret sebelum lockdown diberlakukan.

Konsumsi listrik di negara bagian Maharashtra dan Tamil Nadu untuk sektor manufaktur mobil mengalami penurunan penggunaan daya hingga 26%. Sementara negara bagian Gujarat di bagian barat mengalami penurunan 43% dibandingkan dengan rata-rata tiga minggu pertama.

TIM RISET CNBC INDONESIA (twg/twg)

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/39Bguq2

April 01, 2020 at 10:41AM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "COVID-19 Bikin Ekonomi Asia Lesu, Harga Batu Bara Melorot"

Post a Comment

Powered by Blogger.