Search

DPR: PLN Siap Beri Diskon 65% Tarif Listrik 24 juta Pelanggan

Jakarta, CNBC Indonesia - Penentuan stimulus ekonomi dan perlindungan kepada masyarakat di tengah wabah corona atau covid-19 akan diputuskan dalam sidang kabinet bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini, Senin (30/3/2020). Salah satu keputusannya adalah memberikan tarif listrik khusus kepada masyarakat.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Komisi XI DPR Dito Ganinduto kepada CNBC Indonesia, Senin (30/3/2020). Dito mengatakan, bahwa pihaknya selalu berkomunikasi dengan pemerintah, dalam hal ini Menteri Keuangan Sri Mulyani untuk setiap langkah kebijakan yang akan diambil.

"Dalam setiap kali perkembangan, Kemenkeu ketika rapat dengan siapa pun, selalu meng-update kepada Komisi XI. Hal ini [tarif listrik] akan disampaikan pada sidang kabinet nanti dengan Presiden [Jokowi]," jelas Dito.


Lebih lanjut Dito mengatakan, pemerintah sudah menyiapkan ratusan triliun untuk memberikan perlindungan sosial kepada masyarakat, juga untuk menstimulus dunia usaha.

"Listrik ada 450 nomer [rekening] gak bayar ataau grtasi. Untuk 24 juta pelanggan 450VA - 900VA diskon 65%, jadi masyarakat paling bayarnya sekitar Rp 40.000," jelas Dito.

Kendati demikian, keputusan ini kata Dito masih terus dikaji oleh pemerintah dan harus menunggu keputusan oleh Presiden Jokowi terlebih dahulu.

Dito juga menekankan kepada masyarakat, untuk tidak panik dalam menghadapi covid-19. Karena pemerintah bersama DPR terus melakukan komunikasi guba menyiapkan setiap langkah kebijakan yang akan ditempuh.

"Pokoknya pemerintah sudah akan memberikan paket penguatan perlindungan sosial dan stimulus ekonomi dalam menghadapi covid-19. Yang terdiri dari kondisi ekonomi, perlindungan masyarakat, kesehatan. Sudah dialokasikan anggaran cukup besar," tegas Dito.

Sebelumnya, PT PLN (Persero) menyampaikan akan mendukung pemerintah dalam memberikan keringanan tarif listrik di tengah wabah corona.

Direktur Pengadaan Strategis 2 PLN Djoko Rahardjo mengatakan, keringanan tarif ini akan berlaku untuk semua sektor. Artinya baik rumah tangga miskin dan industri akan menikmatinya.

"Kebijakan yang diusulkan untuk semua sektor," ungkapnya kepada CNBC Indonesia, Jumat, (27/03/2020).

Terkait mekanisme apa yang akan digunakan untuk industri dirinya menyebut masih dikomunikasikan dengan stakeholder. Dirinya juga belum bisa memastikan kapan karena ini menjadi ranah pemerintah.

[Gambas:Video CNBC]

(dru)

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/2UJevLa

March 30, 2020 at 09:12AM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "DPR: PLN Siap Beri Diskon 65% Tarif Listrik 24 juta Pelanggan"

Post a Comment

Powered by Blogger.