Search

Karena Trump-Kim, Indeks Kospi Pimpin Pelemahan Bursa Asia

Jakarta, CNBC Indonesia - Seluruh bursa saham utama kawasan Asia kompak ditutup melemah pada perdagangan hari ini, Kamis (28/2/2019). Indeks Nikkei turun 0,79%, indeks Shanghai melemah 0,44%, indeks Hang Seng terkoreksi 0,43%, indeks Straits Times jatuh 1,15%, dan indeks Kospi anjlok 1,76%.

Hasil pertemuan tingkat tinggi antara Presiden AS Donald Trump dan Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un di Vietnam yang mengecewakan membuat bursa saham regional mengalami tekanan jual yang besar.

Kedua pimpinan negara mengakhiri pertemuan selama 2 hari tanpa menyetujui kesepakatan apapun. Padahal, Gedung Putih sebelumnya melaporkan bahwa Trump dan Kim akan menghadiri penandatangan perjanjian bersama pada sore hari ini waktu setempat.


Mendekati waktu penandatangan perjanjian bersama tersebut, Gedung Putih justru mengumumkan bahwa pertemuan keduanya diakhiri lebih cepat dan penandatangan perjanjian bersama dibatalkan. Rencana gelaran makan siang bersama antara keduanya pun tak pernah terealisasi.

Dari konferensi pers Trump yang digelar di tempatnya menginap yakni Hotel JW Marriott, diketahui bahwa Korea Utara hanya bersedia untuk melakukan denuklirisasi di beberapa area yang dianggap tak begitu signifikan oleh AS. Sebagai gantinya, Korea Utara meminta seluruh sanksi yang telah dibebankan oleh AS untuk dicabut, sebuah hal yang tak bisa dipenuhi AS.

"Terkadang Anda harus meninggalkannya, dan ini hanyalah salah satu dari waktu tersebut. Ada sebuah perbedaan [dengan Korea Utara]," kata Trump dalam konferensi persnya, Kamis (28/2/2019).


Memang, Trump mencoba menebar aura positif dalam konferensi persnya. Trump mencoba menenangkan dunia dengan mengatakan bahwa penghentian uji coba senjata masih akan dilakukan oleh Pyongyang.

"Kim berjanji kepada saya tadi malam bahwa ia tidak akan melakukan uji coba roket dan nuklir," kata Trump.

Trump juga mengatakan bahwa dirinya berpisah dengan Kim dalam kondisi yang baik.

"Kami pergi dengan rasa bersahabat. Kami saling berjabat tangan," ujarnya.

Dipimpin Indeks Kospi yang Anjlok 1,76%, Bursa Asia MelemahFoto: Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dan Presiden AS Donald Trump menghadiri pertemuan bilateral yang diperpanjang di Hotel Metropole, Vietnam (REUTERS/Leah Millis)

Namun tetap saja, ribut-ribut AS-Korea utara dikhawatirkan kembali terjadi seperti yang sering kita lihat sebelum Trump dan Kim melakukan pertemuan pertama di Singapura pada tahun lalu.

Wajar jika indeks Kospi yang merupakan bursa saham utama Korea Selatan memimpin pelemahan di kawasan Asia. Jika ribut-ribut AS-Korea Utara terjadi lagi, tentu yang paling dirugikan adalah Korea Selatan yang merupakan sekutu AS dan berbatasan langsung dengan Korea Utara.

Selain karena potensi ribut-ribut AS-Korea Utara, kinerja bursa saham Asia juga terbebani oleh rilis data ekonomi yang mengecewakan. Pada pagi hari ini, pertumbuhan penjualan barang-barang ritel Jepang periode Januari 2019 diumumkan sebesar 0,6% YoY, lebih rendah dibandingkan konsensus yang sebesar 1,1% YoY, seperti dilansir dari Trading Economics.

TIM RISET CNBC INDONESIA (ank/tas)

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/2T9IEW5

March 01, 2019 at 02:07AM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Karena Trump-Kim, Indeks Kospi Pimpin Pelemahan Bursa Asia"

Post a Comment

Powered by Blogger.