Search

Rupiah Menguat di Awal Pekan, Thank You Mr Powell!

Jakarta, CNBC Indonesia - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) bergerak menguat di perdagangan pasar spot pagi ini. Keputusan bank sentral AS (The Federal Reserve/The Fed) sukses menguat mata uang Tanah Air.

Pada Senin (16/3/2020), US$ 1 setara dengan Rp 14.700 kala pembukaan pasar spot. Rupiah menguat 0,27% dibandingkan posisi penutupan perdagangan akhir pekan lalu.

Malam tadi waktu Indonesia, The Fed merilis keputusan yang mengejutkan. Ketua Jerome 'Jay' Powell dan kolega sepakat untuk menurunkan suku bunga acuan sebesar 100 basis poin (bps) menjadi 0-0,25%. Ini adalah rekor terendah sejak 2015.


Penyebabnya apalagi kalau bukan penyebaran virus corona. Akhir pekan lalu, Presiden AS Donald Trump sudah menyatakan status darurat nasional karena jumlah kasus dan korban jiwa yang terus bertambah.
"Penyebaran virus corona telah melukai masyarakat dan mengganggu aktivitas ekonomi di berbagai negara, termasuk AS. Pasar keuangan global pun terpengaruh.

"Dampak penyebaran virus corona akan membebani aktivitas perekonomian AS dalam jangka pendek dan menyebabkan risiko terhadap prospek ke depan. Dengan perkembangan ini, Komite memutuskan untuk menurunkan suku bunga acuan ke 0-0,25%," tulis keterangan resmi The Fed.

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/2QgUQ3N

March 16, 2020 at 08:05AM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Rupiah Menguat di Awal Pekan, Thank You Mr Powell!"

Post a Comment

Powered by Blogger.