Search

Ini Tiga Fokus APBN untuk Pencegahan COVID-19

Jakarta, CNBC Indonesia - Kementerian Keuangan menyebut ada tiga prioritas yang akan dikedepankan dalam menjalankan APBN 2020 untuk pencegahan COVID-19 atau virus corona.

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan, ketiga fokus itu di antaranya kesehatan masyarakat, social safety net, dan mempermudah jalanannya bisnis perusahaan yang telah memproduksi alat-alat kesehatan dan mengedepankan kebutuhan rumah sakit.


Untuk kesehatan masyarakat, akan diarahkan untuk meningkatkan kapasitas beberapa rumah sakit dalam menangani pasien COVID-19, serta meningkatkan ketersediaan alat-alat kesehatan, alat pelindung diri, masker, hingga pembersih tangan (hand sanitizer).

"Permintaan saat ini kan sedang tinggi, jadi bisa mempermudah untuk menyediakan peralatan kesehatan, masker, kemudian mungkin ventilator yang dibutuhkan rumah sakit," kata Sri Mulyani dalam video conference, Rabu (18/3/2020).

Dari sisi social safety net, maksudnya adalah anggaran akan difokuskan bagi masyarakat kelompok menengah ke bawah. Sejauh ini, Sri Mulyani masih mempelajari kebijakan seperti apa yang akan dijalankan.

Namun kata dia, yang ada saat ini salah satu opsi yang bisa digunakan adalah dengan menambah bantuan sosial (bansos) demi menjaga daya beli masyarakat.

"Banyak opsinya untuk social safety net, misalnya program keluarga harapan (PKH) lalu kartu sembako. Kami lihat juga sektor-sektor informal. Kami masih pelajari," kata Sri Mulyani melanjutkan.

Dari sisi kemudahan dunia usaha, dia mengatakan akan diformulasikan dalam paket fiskal jilid ketiga, agar bisa bertahan di tengah ketidakpastian ekonomi, karena virus corona.

Kendati demikian, Sri Mulyani belum bisa merinci dana yang akan dialokasikan untuk meluncurkan paket kebijakan fiskal jilid ketiga. Pemerintah, kata dia, masih mengkaji lebih detail untuk pelaksanaannya.

Sebelumnya, pemerintah telah mengeluarkan dua paket kebijakan stimulus untuk mendukung sektor pariwisata, sektor industri dan daya beli masyarakat. Paket stimulus ekonomi yang pertama dan kedua masing-masing bernilai Rp 10,3 triliun dan Rp 22,9 triliun.

[Gambas:Video CNBC]

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/2Ug3hxr

March 19, 2020 at 08:44AM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ini Tiga Fokus APBN untuk Pencegahan COVID-19"

Post a Comment

Powered by Blogger.