Search

Duh! Koreksi IHSG Makin Dalam, Sudah Drop Lebih 3%

Jakarta, CNBC Indonesia - Koreksi Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) semakin dalam setelah 10 menit perdagangan berlangsung. IHSG tercatat turun 3,2% ke level 4.313,5

Di awal pembukaan perdagangan hari ketiga pekan ini, Rabu (18/3/2020), pada 09.03 WIB IHSG melemah 1,64% ke level 4.383,69. Sentimen positif yang datang dari Presiden AS Donald Trump tak mampu membuat IHSG menguat.


Kemarin IHSG ditutup dengan koreksi harian sebesar 4,99%. Satu jam sebelum perdagangan ditutup, IHSG sempat anjlok 5% dan perdagangan disetop selama 30 menit (trading halt). Di tengah situasi yang tak kondusif seperti ini asing membukukan aksi jual bersih (net sell) mencapai Rp 1 triliun kemarin, Selasa (17/3/2020).

Presiden AS ke-45 Donald Trump tadi pagi mengumumkan rencananya untuk memberikan stimulus sebesar US$ 1 triliun untuk meredam dampak pandemi COVID-19 terhadap perekonomian Negeri Paman Sam.

Menteri Keuangan Steven Mnuchin mengatakan pemerintah berencana untuk mengirim uang tunai langsung untuk warga Amerika dalam dua minggu ke depan. "Warga Amerika butuh uang tunai saat ini" katanya melansir CNBC Internasional.

Kabar ini direspons positif oleh pasar. Wall Street pun menghijau tadi pagi. Setelah mencatatkan koreksi yang parah (pakai banget), Wall Street akhirnya berhasil melenggang ke zona hijau pagi tadi. Dow Jones naik 4,7%, S&P 500 melompat 4,6% dan yang terakhir Nasdaq Composite terangkat 6%.

Namun penguatan yang dicatatkan tiga indeks utama bursa saham AS tak sebesar koreksi yang sebelumnya terjadi. Maklum selagi wabah COVID-19 masih merebak, pasar belum bisa benar-benar tenang.  (hps/hps)

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/3a5ACC0

March 18, 2020 at 09:15AM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Duh! Koreksi IHSG Makin Dalam, Sudah Drop Lebih 3%"

Post a Comment

Powered by Blogger.