Search

The Fed Dovish, Bursa Tokyo Ditutup Naik Lebih Dari 1%

Tokyo, CNBC Indonesia - Bursa saham Tokyo naik lebih dari 1% pada penutupan perdagangan di hari Kamis (31/1/2019) mengikuti kinerja Wall Street sehari sebelumnya. Sentimen positif di Wall Street berasal dari bank sentral Amerika Serikat (AS) Federal Reserve yang menyerukan sikap hati-hati tentang kenaikan suku bunga di masa depan.

Indeks acuan Nikkei 225 naik 1,06% atau 216,95 poin, ditutup menjadi 20.773,49 sedangkan indeks Topix yang lebih luas naik 1,08% atau 16,73 poin, menjadi 1.567,49.

Investor bersorak ketika The Fed mengisyaratkan pendekatan yang hati-hati dalam pengetatan kebijakan moneter, yang dipandang lebih ramah pasar daripada yang diperkirakan beberapa analis.

Ketua Fed Jerome Powell mengatakan langkah kenaikan suku bunga lebih lanjut telah "agak melemah" dan bank sentral telah memutuskan untuk mempertahankan suku bunga tidak berubah.

Indeks Dow Jones ditutup melonjak 1,8%, yang juga didorong oleh rilis pendapatan Apple dan Boeing yang lebih tinggi dari ekspektasi.

"Dalam jangka pendek, sikap Fed adalah berita positif, meningkatkan sentimen pasar," kata analis teknis senior Daiwa Securities Hikaru Sato.

"Tetapi masalah perdagangan utama seperti perang dagang AS-China dan Brexit belum terselesaikan, yang membuat para pelaku pasar tetap berhati-hati," kata Sato kepada AFP.

Pesan The Fed juga melemahkan dolar terhadap yen, yang mengimbangi sentimen pembelian, tambah Sato.

Mata uang AS diperdagangkan di 108,76 yen dalam perdagangan sore di Asia, dibandingkan dengan 109,02 yen di New York pada hari Rabu.

Investor juga mengawasi pembicaraan perdagangan AS-China yang dibuka di Washington.

Sesaat sebelum bel pembukaan perdagangan, pemerintah Jepang mengumumkan bahwa produksi industri nasional pada bulan Desember turun 0,1% dari bulan sebelumnya.

Angka itu lebih baik dibandingkan ekspektasi pasar akan penurunan sebesar 0,5%, tetapi merupakan penurunan ketujuh kalinya dalam sembilan bulan terakhir ini.

Namun, kementerian industri tetap merasa bahwa "produksi industri mulai meningkat secara perlahan".

Di antara saham utama, saham Nintendo, yang dijadwalkan akan mempublikasikan pendapatannya di kemudian hari, melonjak 2,05% menjadi 33.830 yen.

Saham Canon turun 0,63% menjadi 3.114 yen setelah pada hari Rabu perusahaan mengumumkan bahwa laba bersih tahunan untuk tahun kalender ini turun hampir 5% karena pergerakan valas dan menyusutnya permintaan kamera.

Saham Nissan naik 1,44% menjadi 926,8 yen karena kepala pembuat mobil Renault dan Nissan akan bertemu pada hari Kamis di Amsterdam untuk pertama kalinya sejak mantan bos perusahaan, Carlos Ghosn, ditangkap di Jepang.

Saham Toyota naik 0,54% menjadi 6.675 yen, sementara saham Sony melonjak 3,52% menjadi 5.467 yen. (hps)

Let's block ads! (Why?)



http://bit.ly/2RsH2kl

January 31, 2019 at 09:20PM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "The Fed Dovish, Bursa Tokyo Ditutup Naik Lebih Dari 1%"

Post a Comment

Powered by Blogger.