Search

Masuki Sesi Eropa, Euro Masih Perkasa Lawan Dolar AS

Jakarta, CNBC Indonesia - Memasuki jam perdagangan sesi Eropa, Kamis (31/1/2019), euro masih perkasa jika disandingkan dengan dolar Amerika Serikat (AS).

Melansir kuotasi pasar spot dari MetaTrader 4 yang merupakan penyedia platform transaksi forex terkemuka dunia, euro kini diperdagangkan di level 1,14962/dolar AS, lebih kuat dibandingkan posisi penutupan kemarin, Rabu (30/1/2019), di level 1,1413/dolar AS.

Masuki Sesi Eropa, Euro Masih Perkasa Lawan Dolar ASFoto: EURUSD M30 (MetaTrader 4)

Dolar AS kehilangan bensin untuk menguat setelah hasil pertemuan bank sentral AS The Federal Reserve diumumkan. Mempertahankan suku bunga acuan di level 2,25-2,5%, The Fed lagi-lagi mengeluarkan pernyataan bernada kalem alias dovish. The Fed bakal lebih bersabar dalam mengeksekusi kenaikan suku bunga acuan.

"Dalam situasi ekonomi global dan pasar keuangan saat ini, serta tekanan inflasi yang minim, Komite akan bersabar dalam menentukan kenaikan suku bunga acuan berikutnya," tulis pernyataan The Fed.


Tak hanya lebih kalem dalam masalah normalisasi suku bunga acuan, The Fed juga secara tegas menyatakan bahwa pihaknya siap untuk mengubah skema perampingan neracanya. Sebagai informasi, pasca-krisis keuangan global tahun 2008 silam, The Fed rajin membeli surat utang pemerintah dan mortgage-backed securities untuk menstimulasi perekonomian Negeri Paman Sam.

Pada puncaknya, neraca dari bank sentral sempat menyentuh angka US$4,5 triliun. Terhitung mulai Oktober 2017, The Fed mulai mengurangi besaran neracanya dengan tak lagi menginvestasikan porsi tertentu dari pendapatan yang diterima atas surat berharga tersebut.

"Komite siap untuk menyesuaikan setiap detil untuk menyelesaikan normalisasi neraca berdasarkan perkembangan ekonomi dan pasar keuangan," papar The Fed dalam pernyataan resminya.

Jika normalisasi neraca diperlambat, maka dolar AS yang beredar di masyarakat akan menjadi lebih banyak sehingga wajar jika nilainya turun.

Suntikan energi bagi euro juga datang dari pembacaan awal atas pertumbuhan ekonomi Spanyol periode kuartal-IV 2018 yang diumumkan sebesar 0,7% QoQ, mengalahkan konsensus yang sebesar 0,6% QoQ, seperti dilansir dari Forex Factory.

TIM RISET CNBC INDONESIA

(ank/prm)

Let's block ads! (Why?)



http://bit.ly/2GaO2Ao

January 31, 2019 at 11:23PM

Bagikan Berita Ini

1 Response to "Masuki Sesi Eropa, Euro Masih Perkasa Lawan Dolar AS"

  1. Nama saya SHARON LOGAN, saya dari Washington, DCUSA, saya ingin menggunakan media ini untuk menulis kepada orang-orang di internet yang membutuhkan pinjaman nyata, bahwa jika Anda memerlukan pinjaman tanpa ditipu, berlaku dari KARINA ROLAND LOAN COMPANY adalah perusahaan yang tepat untuk diterapkan dari saya seorang guru. Saya ditipu 2 kali oleh perusahaan palsu yang ingin menjadi pemberi pinjaman tetapi pada akhirnya scammed, tetapi sekarang saya tidak lagi khawatir karena KARINA ROLAND telah membantu saya jadi jika Anda memerlukan pinjaman mendesak untuk melakukan proyek atau bisnis apa pun yang akan membuat perusahaan ini tersenyum di wajah Anda. Saya juga telah memperkenalkan sebagian besar teman saya ke perusahaan ini dan hanya 2 teman saya yang mengatakan kepada saya bahwa mereka telah menerima pinjaman di sana, salah seorang teman saya menerima pinjaman $ 39.000,00 dolar dan yang lain dari teman saya menerima jumlah $ 65.000,00 dolar sehingga siapa pun yang membutuhkan pinjaman online berlaku dari perusahaan ini dan Anda akan yakinlah, karena perusahaan ini sangat membantu dan Tuhan akan terus menggunakannya untuk membantu orang yang membutuhkan pinjaman . Jika Anda memerlukan pinjaman online, lamar dari perusahaan ini dan hubungi mereka melalui ini berarti alamat email karinarolandloancompany@gmail.com atau whatsapp hanya +1 (312) 8721-592 dan Anda juga dapat menghubungi saya melalui email sharonlogan023@gmail.com untuk informasi lebih lanjut , Terima kasih semua.

    ReplyDelete

Powered by Blogger.