Search

Dari Revolusi Industri hingga Kisah ML, Ini Cerita Jokowi

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberi pesan kepada pelaku usaha agar bisa menyesuaikan diri dengan revolusi industri 4.0 yang begitu cepat menjalar di dunia agar tidak ketinggalan dalam berinovasi.

Menurut Presiden, revolusi industri 4.0 saat ini dampaknya bisa 3.000 kali lebih cepat dari revolusi jilid pertama. Revolusi industri ini bakal berdampak besar terhadap sektor ekonomi, sosial, dan politik, termasuk di Indonesia.

Sebagaimana diketahui, r</span>evolusi industri memang pertama kali terjadi pada akhir abad ke-18 ketika alat tenun mekanis pertama ditemukan pada 1784.

"Pesan saya, ikuti terus perubahan-perubahan itu. Pelajari terus agar kita tidak tertinggal," kata Jokowi dalam gelaran Green Festival 2019 di JCC, Kamis (31/1/2019).

"Tapi [ingat], jangan merubah kepribadian dan karakter ke-Indonesiaan kita. Bangsa kita penuh etika, beradab, penuh budi pekerti. Sopan santun. Itu yang jangan sampai hilang karakter ke-Indonesiaannya," tegas mantan Gubernur DKI Jakarta ini.

Menurut Jokowi, saat ini sangat terbuka bagi siapapun untuk merintis usaha dengan mendirikan perusahaan rintisan alias startup. Selain itu, Presiden juga menekankan pentingnya penyesuaian diri ini juga dilakukan pula oleh kaum tua ke kaum muda yang lebih melek teknologi.

Dia mencontohkan
bagaimana pengalamannya berinteraksi dengan anaknya, terkait dengan perkembangan terbaru di dunia digital, termasuk game paling populer yakni mobile legends atau biasa disingkat ML.

"Saya, pengennya belajar, untung punya anak yang seusia saudara semuanya [usia para audiens]. Ada apa yang baru saya tanya [ke anak]. Waktu 2 tahun lalu, mobile legends baru ramai-ramainya. Anak saya udah ngomong ML-ML ini apa. Pikiran saya kan beda. Ternyata mobile legends," kelakar Jokowi.

"Setelah itu saya mainnya kayak apa sih. Terus yang jago siapa sih. Anak saya ngomong, Pak nih Pak yang jago namanya Jess No Limit. Begitu dia ngomong saya undang dia. Menghasilkan miliar rupiah hanya menjadi gamers.
Saya suruh dia main kok ada yang gini cepetnya."


Jess No Limit adalah nama beken dari seorang gamer bernama Justin, pernah menduduki peringkat pertama Top Global pada Mobile Legends Season 6.

"Inilah perubahan, sekali lagi harus kita ikuti tapi sekali lagi jangan merubah karakter ke-Indonesiaan kita."

Menurut mantan Walikota Solo ini, ada banyak potensi pengembangan teknologi digital yang bisa dikembangkan saat ini di tengah kecanggihan teknologi.

"Bangun platform online yang ditawarkan. Saya lihat ada yang agak besar peer to peer juga platform yang bagus sekali. Apa yang bisa kita ambil dari stand-stand di depan [peserta forum Green Festival] yang ada. Yaitu-lah perubahan. Perubahan itu sudah ada dan akan lebih banyak sekali inovasi-inovasi baru seperti itu."</span></span></span></span> (tas)

Let's block ads! (Why?)



http://bit.ly/2RthNyr

January 31, 2019 at 11:17PM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Dari Revolusi Industri hingga Kisah ML, Ini Cerita Jokowi"

Post a Comment

Powered by Blogger.