Search

Tak Mau Dirampok? Jangan Mudah Sebar Nomor HP Kamu

Jakarta, CNBC IndonesiaNomor ponsel saat ini memiliki peran penting sebagai identitas dan dapat digunakan bertransaksi. Oleh karena itu, kita harus wajib waspada untuk melindungi atau tidak terlalu mudah memberikan nomor ponsel kepada orang tak dikenal.

Pengamat IT, Rudi Adianto, menjelaskan nomor ponsel menjadi faktor penting dalam hal transaksional. Pada era modern ini nomor ponsel dianggap sebagai salah satu identitas pribadi atau otentikasi.

Dalam transaksi perbankan terutama internet banking dan mobile banking, perbankan bisanya mengirimkan password khusus ke nomor ponsel yang dimiliki nasabah.

"Otentikasi yang umum dipakai saat ini melalui nomor ponsel. Nantinya OTP (One Time Password) dikirimnya ke hp, misalkan bank juga kalau ada [informasi] transaksi yang mencurigakan dikirimnya ke HP," ujar Rudi dalam Profit, CNBC Indonesia (Senin, 30/12/2019).

Rudi juga menjelaskan bahwa kesadaran masyarakat akan pentingnya keamanan nomor ponsel masih sangat kurang, padahal modus peretasan melalui nomor ponsel telah merajalela saat ini.

"Para pelaku saat ini mengincar nomor ponsel. jika dia sudah bisa mengambil alih nomor ponsel atau bisa mengalihkan panggilan serta SMS. Kemudian habis sudah, mereka dapat mengakses banyak akun," tutur Rudi.

Maka dari itu, ia menyampaikan masyarakat harus dapat mengakali untuk menjaga keamanan nomor ponsel contoh sederhananya jangan terlalu mudah menyebar nomor ponsel pribadi.

Asal tahu saja, OTP adalah singkatan dari password sekali pakai atau one time password yang lazim digunakan untuk transaksi online dan kegiatan perbankan digital lainnya. OTP biasanya berisi enam angka acak. Perbankan biasa mengirimkan OTP melalui pesan singkat (SMS).

[Gambas:Video CNBC]

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/36hzRDS

January 02, 2020 at 06:06PM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Tak Mau Dirampok? Jangan Mudah Sebar Nomor HP Kamu"

Post a Comment

Powered by Blogger.