Search

Jokowi Bakal Resmikan Underpass Terpanjang di Yogyakarta

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama sejumlah menteri kabinet pada hari ini, Jumat (31/1/2020) diagendakan untuk meresmikan underpass Yogyakarta International Airport (YIA)

Underpass YIA sendiri dibangun di bawah bandara sepanjang 1,3 kilometer dan sudah mulai difungsikan sejak 20 Desember 2019 lalu. Ini merupakan underpass terpanjang di Yogyakarta, seperti dikutip melalui keterangan resmi.

Underpass ini masuk dalam ruas Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS) yang menghubungkan Purwokerto dan Yogyakarta. Underpass ini dibangun oleh WIKA dan MCM KSO dengan total nilai kontrak mencapai Rp 293,1 miliar.


Jokowi Bakal Resmikan Underpass Terpanjang di YogyakartaFoto: REUTERS/Massoud Hossaini

Tak hanya terpanjang, keistimewaan dari underpass ini yakni dindingnya yang dihiasi ornamen dengan kearifan lokal seperti motif batik khas Yogyakarta. Underpass ini memiliki lebar 7,95 meter, clearance atas 5,2 meter dan samping 18,4 meter.

Sebelum meresmikan underpass YIA, Jokowi diagendakan untuk menyerahkan sertifikat hak atas tanah untuk rakyat. Rencananya, acara tersebut akan digelar di Gedung Taman Budaya, Kecamatan Pengasih, Kabupaten Kulon Progo.

Pada sore harinya, eks Gubernur DKI Jakarta akan menuju YIA untuk meninjau fasilitas bandara tersebut sebelum kemudian lepas landas kembali ke Jakarta.

[Gambas:Video CNBC]

(dru)

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/2Oc52tl

January 31, 2020 at 04:06PM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Jokowi Bakal Resmikan Underpass Terpanjang di Yogyakarta"

Post a Comment

Powered by Blogger.