Search

Penyaluran Kredit Bank-bank Besar Seret!

Jakarta, CNBC Indonesia - Penyaluran kredit oleh bank-bank besar melambat signifikan pada 2019. Akibatnya, pertumbuhan kredit perbankan secara keseluruhan pun seret.

Hal tersebut diungkapkan oleh Wimboh Santoso, Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK). "Kredit perbankan tumbuh 6,08% pada akhir 2019, turun dari 2018 di mana pada saat itu (tumbuh) 11,7%. Hal ini seiring dengan pelemahan (harga) komoditas global dan juga tentunya ini merupakan hal yang kita hargai karena perbankan masih tetap prudent dalam kondisi masa transisi," kata Wimboh dalam konferensi pers Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) di kantor Kementerian Keuangan, Jakarta, Rabu (22/1/2020).

Perlambatan pertumbuhan kredit, dialami oleh bank-bank besar kelompok BUKU III dan BUKU IV. Pada 2019, penyaluran kredit bank BUKU III hanya 2,4%, jauh dibandingkan tahun sebelumnya yang mencapai 12,3%. Sementara pertumbuhan kredit di bank BUKU IV melambat menjadi 7,8% dari 12,3%.


"Memang ini tidak lain akibat dari pertumbuhan secara sektoral masih ditopang konstruksi dan pertambangan. Kredit investasi tumbuh tertinggi 13,2% dan in tentunya akan berikan dampak positif untuk kredit modal kerja," kata Wimboh.

Wimboh mengakui bahwa perlambatan pertumbuhan kredit terjadi saat suku bunga sebenarnya turun. Rata-rata suku bunga kredit pada 2019 adalah 10,5%, turun sedikit ketimbang 2018 yang sebesar 10,8%.


Menurut Wimboh, ada kecenderungan bank lebih memilih menempatkan dana di obligasi pemerintah dan surat berharga lainnya. Sepanjang 2019, alokasi dana perbankan di Surat Berharga Negara (SBN) dan surat berharga lainnya naik 15,8%.

"Kemudian pada akhir 2019 juga ada peningkatan pinjaman offshore (luar negeri) mencapai 133,6%. Hal ini memungkinkan karena suku bunga di luar negeri lebih murah dan tren penguatan rupiah yang akhir-akhir ini membuat perbankan lebih untung ambil offshore," ungkapnya.

(aji/aji)

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/2sR9Z3i

January 22, 2020 at 04:27PM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Penyaluran Kredit Bank-bank Besar Seret!"

Post a Comment

Powered by Blogger.