Search

Ini Jejak Karier Legenda Basket Kobe Bryant

Jakarta, CNBC Indonesia - Legenda basket Kobe Bryant (41) dan putrinya yang berusia 13 tahun Gianna, meninggal dunia Minggu (26/1/2020). Mereka meninggal akibat kecelakaan helikopter di California, AS.

Dipastikan tidak ada yang selamat dalam kecelakaan yang terjadi pukul 10 pagi waktu Calabasas, Los Angeles itu. Sheriff LA County, Alex Villanueva mengatakan ada sembilan orang di helikopter itu.

Meski demikian, kepolisian enggan mengkonfirmasi siapa saja yang meninggal. Ini dilakukan sampai semua kerabat korban berkumpul dan memverifikasi korban.


Hingga saat ini, investigasi sedang berlangsung, dan Dewan Keselamatan Transportasi Nasional mengatakan akan mengirim tim ke lokasi kecelakaan S-76B Sikorsky. 


Bryant sendiri telah bermain selama 20 tahun dengan Los Angeles Lakers dan dianggap sebagai salah satu pemain bola basket terbaik sepanjang masa. Dia memenangkan lima kejuaraan NBA, yakni All-Star 18 kali dan berada di urutan keempat dalam daftar skor terbaik sepanjang masa NBA.

Bryant lahir di Philadelphia dan bersekolah di Lower Merion High School di pinggiran kota Philadelphia, tempat ia mendominasi sebagai pemain bola basket di sekolah menengah. Dia direkrut ke NBA setelah lulus SMA dan menjadi salah satu pemain termuda dalam sejarah liga.

Di usia 34 tahun, Bryant menjadi pemain termuda dalam sejarah NBA yang melampaui angka 30.000 poin. Dia pensiun pada tahun 2016, dan dijadwalkan menjadi nominasi Hall of Fame NBA 2020.

Bryant memiliki empat anak perempuan dengan istrinya Vanessa, yakni Gianna, Natalia, Bianca dan Capri.

Ini Jejak Karier Legenda Basket Kobe Bryant Foto: REUTERS/Danny Moloshok

Ayahnya, Joe Bryant, juga seorang pemain bola basket profesional, dan bermain dengan tim termasuk Philadelphia 76ers, San Diego Clippers dan Houston Rockets.

Para atlet, pejabat, dan penggemar NBA berduka atas kematian Bryant dalam pesan dan peringatan di media sosial.

"Aku tertegun. Kata-kata bahkan tidak bisa mendekati untuk menggambarkannya. Hanya hari yang sangat menyedihkan dan tragis," kata mantan bintang NBA Scottie Pippen dalam Twitter-nya.

"Kebanyakan orang akan mengingat Kobe sebagai atlet hebat yang menginspirasi seluruh generasi pemain bola basket. Tapi aku akan selalu mengingatnya sebagai seorang pria yang jauh lebih dari seorang atlet," kata mantan bintang NBA Kareem Abdul-Jabbar.

Mantan LA Laker Shaquille O'Neal mengatakan tidak ada kata-kata untuk mengungkapkan kehilangan Bryant dan Gianna, dan menyatakan belasungkawa kepada keluarga penumpang lain di atas helicopter.

"Selama 20 musim, Kobe menunjukkan kepada kita apa yang mungkin terjadi ketika bakat luar biasa menyatu dengan pengabdian mutlak untuk menang," kata Komisaris NBA Adam Silver dalam sebuah pernyataan.

Silver juga menuturkan bahwa Bryant adalah salah satu pemain paling luar biasa dalam sejarah permainan kami dengan prestasi yang legendaris. Dia akan dikenang karena menginspirasi orang-orang di seluruh dunia di dunia olahraga bola basket dan bersaing dengan kemampuan terbaik mereka.

Warisan Bryant juga diwarnai dengan beberapa kontroversi. Dia ditangkap pada tahun 2003 setelah pengaduan kekerasan seksual diajukan terhadapnya oleh seorang karyawan hotel berusia 19 tahun, yang mengklaim bahwa dia telah memperkosanya. Kasus ini akhirnya dibatalkan dan gugatan sipil diselesaikan.

Dalam permintaan maaf ke publik, Bryant mengatakan bahwa pertemuan itu adalah kesepakatan bersama. Namun wanita itu mengakui bahwa dia tidak melihat kejadian ini dengan cara yang sama. 


"Setelah berbulan-bulan meninjau ada penemuan dan mendengarkan pengacaranya, dan bahkan kesaksiannya secara langsung, saya sekarang mengerti bagaimana perasaannya bahwa dia tidak menyetujui pertemuan ini," ungkap Bryant kala itu.

Dalam masa pensiunnya, Bryant memenangkan Academy Award untuk filmnya 'Dead Basketball', yang didasarkan pada puisi yang ditulisnya. Dia juga menciptakan seri web yang disebut 'Detail' untuk ESPN, yang menganalisis film pemain saat ini, dan berkeliling negara itu berbicara kepada tim olahraga tentang kepemimpinan dan bola basket.

[Gambas:Video CNBC]





(sef/sef)

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/36tjovt

January 27, 2020 at 03:34PM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ini Jejak Karier Legenda Basket Kobe Bryant"

Post a Comment

Powered by Blogger.