Search

Deretan Modus Bobol Rekening Via Nomor HP, Waspadalah!

Jakarta, CNBC Indonesia - Saat ini kita harus lebih berhati-hati karena maraknya kasus pembobolan rekening bank melalui nomor ponsel. Dalam melancarkan aksinya, pencuri tersebut tidak memerlukan keahlian peretasan maupun software canggih.

Ada dua skema yang dipakai pencuri membobol rekening bank via nomor ponsel dengan rekaya sosial, sebagai berikut :


1. Call Forwarding

Executive Director Indonesia ICT Institute, Heru Sutadi, menjelaskan bahwa call forwarding adalah pengalihan komunikasi telepon dari suatu nomor ponsel ke nomor ponsel lainnya.

Jadi nantinya, ketika fitur Call Forward dipakai semua panggilan yang tertuju ke nomor ponsel kita akan dialihkan ke nomor yang dituju. Oleh karena itu, pelaku memakai modus ini untuk mengambil alih nomor korban dengan tujuan membajak akun mobile banking atau yang lainnya.

Nomor ponsel saat ini memiliki peran penting dalam proses mobile banking maupun mobile payment. Karena setiap konfirmasi data pribadi pastinya perusahaan akan mengirimkan password khusus melalui nomor ponsel yang disebut OTP (One Time Password).

"Kemungkinan besar masalah terjadi karena adanya OTP yang diminta ke korban langsung melalui voice atau SMS ke nomor ponsel ponsel korban Karena kan bisa kita daftar dengan aplikasi di ponsel baru dengan memasukkan nomor dan nomor itu akan dikirimi OTP," ujar Heru kepada CNBC.

Selain itu, Analisis Keamanan Vaksin.com, Alfons Tanujaya, menjelaskan betapa bahayanya bila kita sembarang memakai fitur Call Forward kepada orang lain.

"Kalau berhasil mengelabui korban untuk lakukan call forward atau SMS forward yah sama saja berhasil menguasai perangkat. Itu sama saja menguasai akun-akun yang diamankan dengan TFA (two factor authentication)," kata Alfons.

"Akun seperti Gopay, OVO, Tokped dan sejenisnya, internet banking, otorisasi kartu kredit itu semua akan dikuasai. Termasuk akun internet email, sosmed, Whatsapp dan lainnya yang menggunakan otorisasi lewat OTP."

Cara mengaktifkan fitur Call Forward sendiri sebenarnya sangat sederhana, yakni dengan menekan *21* (dilanjutkan dengan nomor ponsel tujuan forward)#. Jika ada orang asing dengan iming-iming manis kepada kita untuk menekan hal tersebut, jangan pernah anda lakukan!

[Gambas:Video CNBC]


Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/2RlQetR

January 24, 2020 at 04:08PM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Deretan Modus Bobol Rekening Via Nomor HP, Waspadalah!"

Post a Comment

Powered by Blogger.