Search

Gorontalo Umumkan 1 Positif Covid-19, Semua Provinsi RI Kena

Jakarta, CNBC Indonesia - Gubernur Gorontalo Rusli Habibie mengumumkan satu warga positif mengidap virus corona atau Covid-19, pada Kamis (9/4/2020). Ini merupakan kasus perdana virus corona di Gorontalo dan menjadikan seluruh provinsi di Indonesia terjangkit Covid-19.

Padahal sebelumnya Gorontalo menjadi satu-satunya provinsi yang belum melaporkan kasus konfirmasi positif Covid-19.

Pasien positif diketahui merupakan peserta atau jemaah dari Jamaah Tabligh (JT) yang mengikuti acara keagamaan di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan beberapa pekan lalu. Bersangkutan merupakan warga Kelurahan Tumbihe, Kecamatan Kabila, Kabupaten Bone Bolango.

"Hari [Kamis] ini kami mendapat kabar kurang baik, bahwa hasil tes laboratorium yang dilakukan di Makassar itu menyatakan bahwa pasien dalam pengawasan di Rumah Sakit Aloe Saboe dinyatakan positif tertular virus corona," ucap Gubernur Rusli, dikutip CNBC Indonesia dari situs resmi Humas Pemprov Gorontalo, Jumat (10/4/2020).


Humas Pemprov Gorontalo menegaskan pasien 01 Gorontalo itu sebelumnya sudah dinyatakan positif berdasarkan rapid test, pada Senin 6 April. Pemeriksaan laboratorium memperkuat hasilnya dan pasien tersebut sedang dirawat di ruang isolasi RS Aloe Saboe.


"Semua Jamaah Tabligh yang ikut di Gowa akan kami tes dan mohon untuk jujur. Datang ke bupati walikota, kita akan tracking. Termasuk dia kontak dengan siapa, keluarganya," imbuhnya.

Selain pasien 01, Gubernur Rusli juga mengkonfirmasi ada satu Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang positif berdasarkan hasil rapid test. Namun untuk memastikan keakuratannya, spesimen sudah dikirim ke laboratorium di Makasar. PDP asal Kota Gorontalo tersebut juga merupakan alumni Jemaah Tabligh di Gowa, Sulawesi Selatan.

Sebelumnya, pada Kamis siang, data dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 mencatat ada tambahan satu provinsi yang melaporkan kasus konfirmasi positif, yaitu Nusa Tenggara Timur sebanyak satu kasus, yang belum menambahkan Gorontalo yang masih nihil kemarin siang.

[Gambas:Video CNBC]

(tas/tas)

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/2ViU8o5

April 10, 2020 at 10:28AM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Gorontalo Umumkan 1 Positif Covid-19, Semua Provinsi RI Kena"

Post a Comment

Powered by Blogger.