Search

Obat Corona Jadi 'Obat Kuat' Buat Rupiah

Jakarta, CNBC Indonesia - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) bergerak menguat di perdagangan pasar spot hari ini. Uji obat virus corona (Coronavirus Disease-2019/Covid-19) yang sukses menjadi motor penggerak risk appetite pelaku pasar.

Pada Kamis (30/4/2020), US$ 1 dihargai Rp 15.150 kala pembukaan pasar spot. Rupiah menguat 0,72% dibandingkan posisi penutupan perdagangan hari sebelumnya dan berada di posisi terkuat sejak 16 Maret.


Penguatan rupiah tidak lepas dari peningkatan minat investor terhadap aset-aset berisiko. Tanda-tanda ke arah sana sudah terlihat sejak dini hari tadi, di mana bursa saham New York ditutup menguat signifikan. Indeks Dow Jones Industrial Average (DJIA) naik 2,21%, S&P 500 menguat 2,66%, dan Nasdaq Composite bertambah 3,57%.

Investor (dan dunia) menyambut kabar baik seputar pengobatan virus corona. Gilead Sciences Ics mengumumkan bahwa obat bernama remdesivir menunjukkan potensi yang menjanjikan sebagai obat untuk melawan virus yang bermula dari Kota Wuhan, Provinsi Hubei, Republik Rakyat China tersebut.

Hasil uji coba pemerintah AS mengungkapkan bahwa pasien Covid-19 yang diberikan remdesivir punya peluang sembuh 31% lebih tinggi dibandingkan yang diberi obat 'jadi-jadian' (placebo). Anthony Fauci, Direktur US National Institute of Allergy and Infectious Diseases, mengatakan hasil tersebut sangat signifikan.

"Ini kemajuan yang sangat penting. Ini akan jadi standar penanganan pasien," tegas Fauci, dikutip dari Reuters.


Datangnya harapan untuk bangkit melawan pandemi virus corona membuat investor percaya diri. Walau sebelumnya ada laporan ekonomi AS tekontraksi (tumbuh negatif) -4,8% pada kuartal I-2020, investor tidak peduli. Bodo amat, yang penting ada harapan obat virus corona sudah ditemukan.

Walau bank sentral AS (The Federal Reserve/The Fed) tidak menurunkan suku bunga acuan, cuek bebek. Yang penting ada harapan obat virus corona sudah ditemukan.



Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/2Whft22

April 30, 2020 at 09:07AM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Obat Corona Jadi 'Obat Kuat' Buat Rupiah"

Post a Comment

Powered by Blogger.