Search

Perpanjang PSBB DKI, Apa Strategi Anies Baswedan Berikutnya?

Jakarta, CNBC Indonesia - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memperpanjang implementasi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Pertimbangannya masih banyak ditemukan penyebaran Covid-19. Perpanjangan ini didasarkan pada Keputusan Gubernur Nomor 412 Tahun 2020.
Anies menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah menjalankan PSBB sesuai dengan ketentuan. Sebelumnya PSBB sudah berlangsung 14 hari hingga berakhir pada 24 April pekan lalu.

"Data yang kita miliki menunjukkan bahwa pergerakan kasus positif Covid-19 ini masih terus bertambah. Dan kecepatannya relatif tetap. Dan memang di berbagai belahan dunia pula yang mengalami masalah yang sama. Semua membutuhkan waktu untuk ini bisa selesai," papar Anies, pekan lalu.


Meski penyebaran masih terus bertambah, tapi ada kabar baik data pemakaman dengan protap Covid-19 dalam beberapa hari terakhir menunjukkan penurunan yang signifikan. Ia menyebut dalam minggu-minggu sebelumnya, pemakaman mencapai angka sampai 50 bahkan lebih.
"Dalam beberapa hari terakhir ini di kisaran 30-an sampai 40-an, bahkan pernah di 29 selama dua hari berturut-turut. Apakah ini perlambatan sementara? Apakah ini tren permanen? Nanti kita harus pantau. Mudah-mudahan ini tren permanen, artinya sudah mulai turun," jelas Anies.

Lebih lanjut ia mengatakan selama hampir 2 pekan PSBB, masyarakat masih melakukan pelanggaran. Perusahaan di luar sektor-sektor yang dikecualikan masih beroperasi. Kerumunan massa pun masih ditemui.

Anies menekankan, jika ingin pandemi Covid-19 ini segera selesai semua pihak harus kompak untuk disiplin dalam menjalankan PSBB ini.

"Semakin kita disiplin untuk berada di rumah, mengurangi aktivitas di luar, maka semakin sedikit interaksi, maka makin sedikit pula potensi penularan, maka Insya Allah wabah ini bisa lebih cepat kita selesaikan," tutur Anies.

PSBB DKI Jakarta resmi diperpanjang selama 14 hari sampai 7 Mei 2020. Namun, dalam hal masih ditemukan penyebaran dan kasus baru maka PSBB bisa diperpanjang lagi selama 2 pekan sampai tanggal 21 Mei 2020.
(tas/tas)

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/3cRAdE8

April 27, 2020 at 09:10AM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Perpanjang PSBB DKI, Apa Strategi Anies Baswedan Berikutnya?"

Post a Comment

Powered by Blogger.