Search

Jokowi Lantik Ketua MA Muhammad Syarifuddin

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi melantik Muhammad Syarifuddin sebagai Ketua Mahkamah Agung (MA) periode 2020-2025 di Istana Negara, kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (30/4/2020).

Pengangkatan Syarifuddin berdasarkan Surat Keputusan Presiden (Keppres) 41/P/2020 tentang Pemberhentian dengan Hormat Wakil Ketua MA Bidang Yudisial dan Pengangkatan Ketua MA Tertanggal 21 April 2020.

Tak hanya itu, Jokowi juga pada hari ini mengangkat Manahan Sitompul sebagai Hakim Mahkamah Konstitusi berdasarkan Keppres 42/P/2020 tentang Pengangkatan Kembali Hakim Mahkamah Konstitusi yang berasal dari Mahkamah Agung.


Pengangkatan keduanya sebagai pejabat negara dilakukan di waktu yang berbeda. Namun, keduanya terlebih dahulu membacakan sumpah jabatan yang disaksikan langsung oleh kepala negara.

Prosesi pelantikan sendiri berjalan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19. Semua tamu undangan maupun kepala negara menggunakan masker dengan tetap saling menjaga jarak satu sama lain.

Adapun pejabat negara yang hadir dalam pelantikan ini pun tidak terlalu banyak. Hanya terlihat Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD serta Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

(miq/miq)

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/2KMXRWk

April 30, 2020 at 10:35AM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Jokowi Lantik Ketua MA Muhammad Syarifuddin"

Post a Comment

Powered by Blogger.