Search

Ilmuwan Singapura Prediksi Corona Berakhir 8 Desember

Jakarta, CNBC Indonesia - Universitas Teknologi dan Desain Singapura (SUTD) memprediksi penyebaran virus corona Covid-19 di dunia akan berakhir 8 Desember 2020, di mana 100% kasus sudah selesai.

Untuk membuat prediksi ini, SUTD menggunakan data hingga 25 April 2020. Penelitian ini menggunakan model SIR (susceptible-recover-recovered) yang diregresikan dengan data berbagai negara untuk memperkirakan kurva siklus hidup pandemi dan memperkirakan kapan pandemi tersebut akan berakhir di masing-masing negara.


Dalam situs SUTD yang dikutip Senin (27/4/2020), data ini ini untuk tujuan pendidikan dan penelitian dan mungkin mengandung kesalahan. Data akan dimasukkan secara harian.

"Prediksi pada dasarnya tidak pasti. Pembaca harus mengambil prediksi apa pun dengan hati-hati. Terlalu optimisme berdasarkan perkiraan tanggal akhir berbahaya karena dapat melonggarkan disiplin dan kontrol kita dan menyebabkan perputaran virus dan infeksi, dan seharusnya dihindari," tulis SUTD dalam situsnya.
Ilmuwan Singapura Prediksi Corona Berakhir 8 DesemberFoto: Prediksi akhir virus corona segara global (doc. SUTD)

Sejumlah ahli memperkirakan virus corona akan berakhir setelah vaksin ditemukan dan tersedia untuk publik. Diperkirakan vaksin akan tersedia dalam 12-18 bulan lagi.

Peneliti di Harvard TH Chan School of Public Health memprediksi untuk menahan penyebaran virus corona, sosial distancing (jarak sosial) perlu dilakukan hingga 2022 apabila vaksin belum ditemukan dan kapasitas rumah sakit tidak bertambah.


Virus corona diprediksi akan menjadi penyakit musiman seperti influenza yang biasanya datang ketika musim dingin atau musim penghujan.

[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/2W4jeHV

April 27, 2020 at 10:17AM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ilmuwan Singapura Prediksi Corona Berakhir 8 Desember"

Post a Comment

Powered by Blogger.