Search

Kim Jong Un Merintis Jalan Menuju Pertumbuhan Ekonomi 4,7%

Jakarta, CNBC Indonesia - Globalisasi membuat ekonomi antar negara seolah tanpa sekat. Namun di tengah globalisasi, ternyata masih ada negara yang menerapkan isolasi diri yaitu Republik Rakyat Demokratik Korea atau yang dikenal dengan nama Korea Utara.

Perang Korea pada 1950-an membuat dua bangsa terpecah menjadi Republik Korea alias Korea Selatan dan Korea Utara. Korea Selatan memihak Blok Barat dengan Amerika Serikat (AS) sebagai pentolannya, sementara sang tetangga beraliansi dengan Blok Timur pimpinan Uni Soviet.

Usai runtuhnya Uni Soviet dan komunisme di Blok Timur, Korea Utara tetap istiqamah dengan pendiriannya. Hubungan dengan Korea Selatan, AS, dan negara-negara sekutunya tetap saja buruk meski Perang Dingin sudah lama berakhir.


Namun anak muda bernama Kim Jong Un mencoba mengubah semua itu. Kim Jong Un menjabat sebagai Pemimpin Tertinggi Korea Utara sejak Desember 2011 setelah sang ayah, Kim Jong Il, mangkat.

Kim Jong Un masih muda. Sejarah Korea Utara mencatat Kim Jong Un lahir pada 8 Januari 1983, tetapi menurut AS sang Kamerad Tercinta yang Dihormati lahir pada 8 Januari 1984. Versi manapun yang dirujuk, Kim Jong Un belum genap berusia 40 tahun.


Usia boleh muda, tetapi Kim Jong Un sudah melakukan gebrakan luar biasa. Kim Jong Un berhasil membangun jembatan dialog perdamaian dengan Korea Selatan dan AS.

Pada Juni tahun lalu, Donald Trump menjadi Presiden AS pertama yang menginjakkan kaki di wilayah Korea Utara. Di zona demiliterisasi perbatasan Korea Selatan-Korea Utara, Trump disambut hangat oleh Kim Jong Un.

"Sebuah kehormatan bisa berada di sini. Saya merasa sangat senang," kata Trump kala itu, seperti diberitakan CNBC International.

"Pertemuan ini tidak akan terwujud tanpa hubungan yang luar biasa di antara kami," balas Kim.

Kini muncul gosip bahwa Kim telah meninggal dunia. Katanya Kim mengalami gagal jantung. Namun Trump sang sohib menegaskan bahwa itu adalah berita palsu alias fake news.

"Saya rasa laporan itu tidak benar. Saya dengar berita tersebut berdasarkan dokumen lama. Kami punya hubungan yang baik dengan Korea Utara, saya punya hubungan baik dengan Kim Jong Un dan saya harap beliau baik-baik saja. Saya rasa ini adalah laporan palsu," tegas Trump, sebagaimana dikutip dari Reuters.



Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/3aDeZrR

April 27, 2020 at 07:12AM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Kim Jong Un Merintis Jalan Menuju Pertumbuhan Ekonomi 4,7%"

Post a Comment

Powered by Blogger.