Search

IHSG Ambles Dihajar Corona, Time to Buy Saham-saham Murah!

Jakarta, CNBC Indonesia - Pasar saham domestik terus mengalami tekanan dengan semakin kuatnya sentimen virus corona. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) tercatat sudah turun lebih dari 6% jika dihitung sejak awal tahun.

Menurut Kepala Riset Bahana Sekuritas Lucky Ariesandi, penyebaran virus corona yang begitu cepat sempat membuat sejumlah investor wait and see terhadap penyebarannya di Indonesia.

Namun langkah-langkah pencegahan dan gerak cepat pemerintah melakukan observasi terhadap sejumlah orang yang diduga terjangkiti, membuat sentimen virus ini terhadap pasar saham mulai terbatas.

''Dengan koreksi saham yang telah terjadi, sekarang adalah saat yang tepat untuk kembali masuk ke pasar saham dengan nilai valuasi yang wajar,'' ujar Lucky Ariesandi.


Virus corona (nCoV) telah menyebar ke 25 negara dan menewaskan 361 orang. Badan kesehatan dunia WHO telah menetapkan keadaan darurat international terkait virus corona, yang telah menewaskan 361 orang.

"Bila melihat pengalaman di masa lalu ketika terjadi penyebaran virus SARS pada 2003 dan Flu Burung selama 2005 - 2007, tidak ada dampaknya baik bagi pasar saham maupun obligasi, kami percaya hal yang sama juga akan terjadi," papar Lucky lebih lanjut.

Virus yang bermula dari Wuhan ini memang akan mempengaruhi komoditas global karena China adalah importir terbesar untuk batu bara, nikel, tembaga, importir terbesar kedua untuk gas dan emas, serta importir terbesar ketiga untuk CPO.

Apabila penyebaran virus ini berkepanjangan, akan berpengaruh terhadap harga komoditas tersebut, juga bagi ekspor Indonesia yang sekitar 30% adalah kontribusi dari ekpor non-migas.

Sedangkan dampaknya bagi impor Indonesia juga tidak akan besar karena perusahaan besar yang berada di Hubei yang terkait dengan Indonesia seperti Yangtze Optical Fible and Cable (YOFC) dan Xiaomi, kedua perusahaan ini telah memiliki fasilitas perakitan di Indonesia.

Lucky menambahkan, sebenarnya pandemic virus ini bisa menjadi peluang bagi Indonesia untuk meningkatkan produksi karena kompetisi dari China berkurang terutama untuk baja dan serat optic.

[Gambas:Video CNBC]

(hps/tas)

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/2RSwnmD

February 03, 2020 at 05:20PM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "IHSG Ambles Dihajar Corona, Time to Buy Saham-saham Murah!"

Post a Comment

Powered by Blogger.