Search

Simak! Penjelasan Anies Soal PSBB DKI yang Berlaku Besok

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta bakal menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) besok, Jumat 10 April 2020 pukul 00.00 WIB. Tujuannya demi menekan penyebaran pandemi corona (COVID-19).

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, mengatakan setelah PSBB berlaku pengawasan akan diperketat. Di mana jajaran polisi dan TNI akan berpatroli untuk memastikan tidak ada orang yang berkumpul.

"Kita harus memastikan bahwa tidak ada kerumunan, patroli semua jajaran polisi dan TNI untuk memastikan bahwa semua masyarakat menaati," tegas Anies di Balaikota, Rabu (8/3/2020).


Anies menambahkan, transportasi massal akan dikurangi juga volume penumpang per kendaraan. Dari kapasitas yang ada kendaraan hanya boleh terisi 50%nya saja.

Misalnya, bus yang tadinya 50 orang menjadi 25 orang. "Tetapi jumlah kendaraannya tidak berkurang. Sementara jam operasi berkurang. Dari jam 06.00 WIB pagi sampai 18.00 WIB atau sore," ujarnya.

Anies menyebut pembatasan sosial untuk mencegah pandemi bukan sesuatu yang baru. Karena sudah dilakukan sejak 100 tahun lalu saat Flu Spanyol menyerang.

"Inilah yang harus dilakukan sama-sama karena itulah kenapa ada pembatasan seperti ini. Ini bukan rumus yang baru dibuat di Jakarta ini sudah dilakukan sejak 100 tahun lalu saat terjadi wabah pandemi juga Flu Spanyol," terangnya.

Lebih lanjut Anies mengatakan, kita bisa menyaksikan kota yang melakukan pembatasan secara serius dan warganya disiplin maka tingkat fatalitas kasus rendah. Sementara kota yang membiarkan kegiatan kegiatan interaksi berjalan terus tingkat fatalitas kasus tinggi.

"Kita sudah belajar dari situ, kita jangan mengulang karena itu saya mengajak warga DKI ambil tanggungjawab dengan cara menjaga jarak, berada di rumah, cuci tagan, pakai masker, kalau dikerjakan kita bisa menekan laju penularan corona virus ini," jelasnya.

Intinya, kata Anies, apa yang sudah berjalan selama tiga pekan ini akan dijalankan terus. Virus yang menular dari orang ke orang, sementara orangnya terus berinteraksi mata rantai penyebaran tidak bisa diputus.

[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/39XkX6C

April 09, 2020 at 07:24AM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Simak! Penjelasan Anies Soal PSBB DKI yang Berlaku Besok"

Post a Comment

Powered by Blogger.