Search

Harga Saham Ambles 33%, XL Axiata Buyback Rp 500 M

Jakarta, CNBC Indonesia - Emiten telekomunikasi PT XL Axiata Tbk (EXCL) berencana membeli kembali (buyback) saham perusahaan di pasar sekunder di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada periode 7 April 2020 hingga 6 Juli 2020.

Dalam pengumuman yang disampaikan direksi perusahaan bersandi EXCL ini di BEI, perseroan akan mengalokasikan dana Rp 500 miliar untuk buyback saham atau tidak melebihi dari pembelian 2,13 miliar saham perusahaan.

Nantinya, saham yang dibeli kembali ini akan disimpan sebagai saham treasuri.


Beberapa pertimbangan dilaksanakannya aksi korporasi ini adalah penurunan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) yang cukup signifikan sebesar 18,46% sejak awal tahun akibat dampak dari pandemi Covid-19 yang menekan pasar keuangan. Selain itu juga menyikapi arahan dari Surat Edaran dari OJK yang membolehkan emiten melaksanakan buyback tanpa melalui proses Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS).


"Dalam rangka memberikan stimulus ekonomi ke pasar dan mengurangi dampak buruk dari kondisi saat ini, OJK meneritkan SEOJK 3/2020, hal tersebut membuka peluang bagi perseroan untuk melakukan pembelian kembali saham," tulis direksi XL Axiata, mengacu pada keterbukaan informasi, dikutip Selasa (7/4/2020).

Tidak hanya itu, saja, pertimbangan buyback juga didasarkan pada penurunan harga saham EXCL pada periode 1 Januari hingga 2 April 2020 sebesar 33% dari Rp 3.210 per saham menjadi Rp 2.150 per saham.

Perseroan memastikan tidak ada dampak material terhadap laba-rugi perseroan maupun kegiatan operasional akibat aksi korporasi ini, mengingat EXCL masih memiliki cash flow atau arus kas yang cukup.

[Gambas:Video CNBC]

(tas/tas)

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/3aS5eqI

April 07, 2020 at 09:30AM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Harga Saham Ambles 33%, XL Axiata Buyback Rp 500 M"

Post a Comment

Powered by Blogger.