Search

Wah, Staf Khusus dan 'Pasukan' Menteri Makin Banyak Lho!

Jakarta, CNBC Indonesia - Kabinet Indonesia Maju besutan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin baru saja melewati 100 hari masa pemerintahan. Namun, terdapat sejumlah kebijakan Jokowi-Ma'ruf yang menjadi sorotan.

Salah satunya adalah pengangkatan penasihat hingga staf khusus pada sejumlah kementerian/lembaga. Mulai dari Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian hingga Kantor Staf Kepresidenan.

Kemenko Perekonomian


Menko Perekonomian Airlangga Hartarto merekrut pegawai khusus untuk membantu memutuskan kebijakan di bidang ekonomi. Pegawai khusus yang dimaksud antara lain, Tim Asistensi Menko Perekonomian, Tim Ahli Menko Perekonomian, dan Staf Khusus Menko Perekonomian.

Dari daftar nama pegawai khusus tersebut, beberapa di antaranya datang dari kalangan pengusaha, ekonom. Yang menarik, ada satu nama yang saat ini masih menjabat sebagai staf khusus Menteri Perindustrian, I Gusti Putu Suryawirawan.

Adapun Tim Asistensi Menko Perekonomian di antaranya adalah Raden Pardede, Bustanul Arifin, Lin Che Wei, Dimas Oky Nugroho, dan Taufik Mappaenre Maroef.

Sementara Tim Ahli Menko Perekonomian terdiri dari Shinta Widjaja Kamdani, Franky Sibarani, Sanny Iskandar, Jonathan Thahir, Ngakan Timur Antara, dan Edy Putra Irawady.

Adapun Staf Khusus Menko Perekonomian di antaranya Umar Juoro, I Gusti Putu Suryawirawan, Reza Yamora Siregar, dan Mohamad Jusuf Hamka.

Saat di konfirmasi, Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia Bidang Pengembangan Kawasan Ekonomi Sanny Iskandar membenarkann dirinya ditunjuk sebagai Tim Ahli Menko Perekonomian.

"Ya betul. Saya lebih khusus untuk pengembangan kawasan ekonomi, baik itu industri, parawista, dan sebagainya," ujarnya saat dihubungi CNBC Indonesia, Senin (23/12/2019).

Secara struktural, para pegawai khusus ini kata Sanny tidak akan bekerja secara kantoran. Tapi pihaknya harus terus memperbarui segala informasi kepada Airlangga dan akan selalu hadir saat ada rapat koordinasi tingkat menteri.

Dirinya juga tidak mengetahui secara persis anggaran apa yang akan dilakukan untuk membayar gaji para pegawai khusus tersebut.

"Kalau itu bukan urusan saya. Yang penting kita siap untuk membantu meningkatkan pertumbuhan ekonomi," jelasnya.

[Gambas:Video CNBC]

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/2OEoK0S

February 10, 2020 at 04:56PM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Wah, Staf Khusus dan 'Pasukan' Menteri Makin Banyak Lho!"

Post a Comment

Powered by Blogger.