Search

Pak Anies, Nih Kata Ahok Soal Revitalisasi Monas

Jakarta, CNBC Indonesia - Keputusan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan merevitalisasi kawasan Monas menjadi polemik pekan ini. Bahkan, silang pendapat pun terjadi antara pemerintah provinsi dan pemerintah pusat.

Pemprov DKI Jakarta kala tu begitu ngotot untuk menjalankan proyek tersebut. Kendati belum ada izin dari Sekretariat Negara.


Polemik revitalisasi Monas pun sampai ke telinga eks Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Usai rapat di kantor Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Ahok angkat bicara terkait hal itu.

"Lupa dah gue," kata Ahok yang mengaku tidak terlalu mengingat secara rinci revitalisasi kawasan Monas pada wartawan.

Satu yang pasti, menurut Ahok, revitalisasi kala itu menyasar bagian bawah tanah kawasan Monas. Desain itu sudah selesai. Harapannya, seiring keberadaan MRT, maka ke Balai Kota bisa melalui spot bawah tanah itu. Di spot itu pun banyak UMKM hingga parkir mobil.

"Itu yang saya tahu dulu. Sudah ada design selesai waktu itu terhambat dulu kayaknya menhan (Menteri Pertahanan) nyimpen tank, nggak mungkin," kata Ahok yang kini menjabat sebagai Komisaris Utama PT Pertamina (Persero).


Sebelumnya, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurabaya pun tak ragu menyebut bahwa revitalisasi kawasan tersebut keliru. KLHK memandang, revitalisasi Monas bertentangan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

"Dalam prosedur, Keppres 25/1995 itu terlihat sekali indikasi bahwa pekerjaan yang secara fisik sudah dilakukan di Monas itu tidak sesuai prosedur," kata Siti di kompleks Istana Kepresidenan awal pekan lalu.

Menteri Sekretaris Negara Pratikno menyebut Pemprov DKI Jakarta belum ada mengirimkan surat terkait revitalisasi kawasan Monas. Surat yang diajukan baru terkait dengan pembangunan fase MRT di kawasan Monas dan gelaran Formula E.

"Diskusi sangat alot, pertimbangan banyak hal. Itu adalah keputusan pengarah yang memutuskan. Oke letaknya di sini. Itu yang pertama. Kedua adalah juga dalam hal rencana Formula E. Itu yang juga akan memanfaatkan zona Monas. Dalam hal ini DKI juga ajukan surat persetujuan kepada Dewan Pengarah," kata Pratikno

Sementara itu, Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi mengatakan, DPRD DKI Jakarta dan Pemprov DKI Jakarta sepakat menunda revitalisasi kawasan Monas. Revitalisasi akan dilanjut setelah ada izin dari Komisi Pengarah Pembangunan Kawasan Medan Merdeka yang diketuai Pratikno.

"Di dalam pertemuan kami dengan eksekutif, revitalisasi sementara dihentikan menunggu surat dari pada Komisi Pengarah," ujarnya.

Hal itu disampaikan Prasetio usai rapat dengan Sekretaris Daerah DKI Jakarta Saefullah dan beberapa satuan kerja perangkat daerah (SKPD) terkait. Saefullah turut mendampingi Prasetio yang menyampaikan hasil pertemuan.

[Gambas:Video CNBC]

[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/37ReqdF

February 02, 2020 at 04:02PM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Pak Anies, Nih Kata Ahok Soal Revitalisasi Monas"

Post a Comment

Powered by Blogger.