Search

Virus Corona Bunuh 42 Orang, Xi Jinping: Ini Kondisi Serius

Beijing, CNBC Indonesia - Presiden China Xi Jinping mengatakan saat ini China menghadapi situasi gawat akibat Virus Corona. Korban tewas akibat virus ini sudah mencapai 42 orang, sampai hari Sabtu menjelang perayaan Imlek.

Mengantisipasi penyebaran virus makin luas, China membatasi penggunaan layanan transportasi. Dengan lebih dari 1.400 orang terinfeksi di seluruh dunia, sebagian besar dari mereka di China. Akibat darurat virus ini perayaan Imlek dan kunjungan ke daratan China dibatasi.


Australia mengkonfirmasi empat kasus pertamanya dan Kanada yang pertama pada hari Sabtu. Setelah Malaysia mengkonfirmasi empat kasus dan Perancis melaporkan kasus pertama Eropa pada hari Jumat, ketika otoritas kesehatan di seluruh dunia berjuang untuk mencegah pandemi.

Berdasarkan laporan Wall Street Journal, Amerika Serikat tengah mengatur penerbangan charter pada hari Minggu untuk membawa warganegara dan diplomatnya kembali dari Wuhan, kota China tengah di pusat wabah.

Di Hong Kong, dengan lima kasus yang dikonfirmasi, pemimpin kota itu Carrie Lam mengatakan, penerbangan dan perjalanan kereta api cepat antara kota dan Wuhan akan dihentikan. Sekolah-sekolah di Hong Kong yang saat ini sedang libur Tahun Baru Imlek akan tetap ditutup hingga 17 Februari.

Xi Jinping mengadakan pertemuan politbiro pada hari Sabtu tentang langkah-langkah untuk memerangi wabah "percepatan", lapor televisi pemerintah. Berdasarkan laporan otoritas, ampai jam 8 malam waktu setempat (1200 GMT) pada hari Sabtu, jumlah kematian di Cina telah meningkat menjadi 42.

Jumlah masyarakat China yang terinfeksi virus sudah mencapai sekitar 1.372 orang. Pelacakan dilakukan ke pasar makanan laut di Wuhan yang secara ilegal menjual satwa liar. Virus ini juga telah terdeteksi di Thailand, Vietnam, Singapura, Jepang, Korea Selatan, Taiwan, Nepal, dan Amerika Serikat. Di provinsi Hubei, tempat Wuhan berada, para pejabat menggunakan masker dan pakaian pelindung.

"Kami terus mendorong pengendalian dan pencegahan penyakit, tapi saat ini kami sedang menghadapi krisis kesehatan masyarakat yang sangat parah," kata Hu Yinghai, wakil direktur jenderal Departemen Urusan Sipil dalam sebuah jumpa pers sebagaimana dikutip dari reuters.

Virus Corona yang baru diidentifikasi telah menciptakan alarm karena masih banyak yang tidak diketahui soal ini, seperti seberapa berbahayanya dan betapa mudahnya menyebar di antara orang-orang.

Virus Corona dapat menyebabkan pneumonia, yang dalam beberapa kasus telah mengakibatkan mematikan. Didi Chuxing mengatakan, mereka menghentikan layanan antar kota dari dan ke Beijing mulai Minggu, sementara Beijing juga akan berhenti menjalankan bus antar-jemput antar-provinsi.

Penyiar negara CCTV, mengutip pengumuman dari asosiasi industri pariwisata China, mengatakan negara itu akan menghentikan semua kelompok tur, baik di dalam maupun luar negeri, mulai Senin.

[Gambas:Video CNBC]

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/2GqJ41n

January 26, 2020 at 05:56PM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Virus Corona Bunuh 42 Orang, Xi Jinping: Ini Kondisi Serius"

Post a Comment

Powered by Blogger.