Search

Andai Pasar Buka Hari Ini, Rupiah Berpotensi Menguat

Jakarta, CNBC Indonesia - Hari ini perdagangan valas di pasar spot libur. Andai perdagangan hari ini buka, nilai tukar rupiah berpotensi menguat di hadapan dolar Amerika Serikat (AS).

Hari ini, Rabu (25/3/2020) merupakan hari libur nasional di tanah air. Umat berama Hindu di dalam negeri tengah merayakan hari raya Nyepi. Pasar keuangan tanah air pun libur. Namun seandainya perdagangan valas di pasar spot tetap buka, ada potensi rupiah bakal menguat.

Apa indikatornya? Hal ini terlihat dari pasar Non-Deliverable Forward (NDF) yang ada di luar negeri yang tetap buka. Jika mengacu pada pasar NDF, maka nilai tukar rupiah untuk setiap tenor mengalami penguatan dibanding posisi rupiah di pasar NDF kemarin jelang penutupan.

NDF adalah instrumen yang memperdagangkan mata uang dalam jangka waktu tertentu dengan patokan kurs tertentu pula. Sebelumnya pasar NDF belum ada di Indonesia, hanya tersedia di pusat-pusat keuangan internasional seperti Singapura, Hong Kong, New York, atau London. Pasar NDF seringkali mempengaruhi psikologis pembentukan harga di pasar spot. Oleh karena itu, kurs di NDF tidak jarang diikuti oleh pasar spot.

Hari ini dolar AS juga mengalami pelemahan. Hal ini tercermin dari indeks dolar yang juga melemah. Pada 25 Maret 2020, indeks dolar melorot 0,58% ke level 101,448. Indeks dolar merupakan indeks yang menunjukkan keperkasaan dolar di hadapan enam mata uang lainnya. Sejak awal pekan ini The Fed selaku bank sentral AS mengumumkan program pembelian aset atau quantitative easing (QE) tak terbatas, dolar terus melemah.

Senin kemarin The Fed mengumumkan akan melakukan program QE dengan nilai tak terbatas guna membantu perekonomian AS menghadapi tekanan dari pandemi virus corona (COVID-19).



The Fed mengatakan akan melakukan QE seberapa pun yang dibutuhkan untuk mendukung kelancaran fungsi pasar serta transmisi kebijakan moneter yang efektif di segala kondisi finansial dan ekonomi.

Tak sampai di situ saja, The Fed ternyata juga mempersiapkan bazooka yang lain. Pada program QE kali ini, The Fed tak hanya membeli surat utang pemerintah dan efek beragun aset (EBA) properti, tetapi juga akan membeli obligasi korporasi dan Exchange Traded Fund (ETF) obligasi korporasi. Tentu obligasi korporasi yang akan dibeli The Fed adalah yang menyandang status 'investment grade'

The Fed mengambil langkah ini merespons penurunan harga obligasi korporasi yang tajam dalam sebulan terakhir. Langkah ini juga sempat mengejutkan para pelaku pasar.


"Ini adalah tindakan The Fed yang belum pernah terjadi sebelumnya," kata Johnny Fine, kepala Investment Grade Bonds di Goldman Sachs, mengutip CNBC International.

"Wow ... ini adalah dunia yang benar-benar baru," ungkap Todd Rosenbluth, kepala ETF dan Reksa Dana Penelitian di CFRA, dalam sebuah cuitan seperti yang diwartakan CNBC International.

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/3btnJBX

March 25, 2020 at 10:50AM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Andai Pasar Buka Hari Ini, Rupiah Berpotensi Menguat"

Post a Comment

Powered by Blogger.