Search

Perangi Corona, Bank Dunia Kucurkan Bantuan Rp 170 T

Jakarta, CNBC Indonesia - Guna membantu 77 negara yang terjangkit wabah penyakit COVID-19Bank Dunia mengucurkan paket bantuan sebesar US$ 12 miliar (Rp 170 triliun) pada Selasa (3/3/2020). Nantinya kucuran ini akan menyediakan dana jalur cepat untuk memerangi virus tersebut.

"Tujuannya adalah untuk menyediakan tindakan cepat, efektif yang menanggapi kebutuhan negara," kata Presiden Bank Dunia David Malpass, dikutip dari AFP.


Malpass mengatakan sangat penting untuk "menanggung beban tambahan pada negara-negara miskin" yang tidak memiliki perlengkapan untuk mencegah penyebaran penyakit COVID-19 yang memiliki virus SARS-CoV-2 ini.

Dana yang beberapa di antaranya ditargetkan untuk negara-negara termiskin di dunia, dapat digunakan untuk peralatan medis atau pelayanan kesehatan. Dalam sebuah pernyataan terpisah, bank mengatakan dana ini juga akan mencakup keahlian dan saran kebijakan.

Setidaknya sebanyak US$ 8 miliar (Rp 113 triliun), menurut Malpass, akan diberikan ke negara-negara yang meminta bantuan. Bank sudah melakukan kontak dengan banyak negara anggota, namun belum diketahui negara mana yang akan menjadi pertama menerima bantuan.

"Intinya adalah bergerak cepat. Kecepatan diperlukan untuk menyelamatkan nyawa. Kami ingin memanfaatkan sebaik-baiknya sumber daya Bank Dunia yang luas dan keahlian global serta pengetahuan historis tentang krisis," tukasnya, mengutip pendanaan krisis serupa untuk memerangi wabah Ebola dan Zika dalam beberapa tahun terakhir.

Virus yang berasal dari Wuhan, provinsi Hubei di China sejak Desember 2019 ini sudah menjalar ke 77 negara, termasuk Indonesia. Berdasarkan data arcGis by John Hopkins CSSE pada Rabu (4/3/2020) pukul 6:30 WIB, hingga kini sudah ada 92.821 kasus terkonfirmasi, dengan kasus kematian sebanyak 3.160, serta berhasil sembuh sebanyak 48.226 kasus.

[Gambas:Video CNBC]

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/3apyODl

March 04, 2020 at 08:20AM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Perangi Corona, Bank Dunia Kucurkan Bantuan Rp 170 T"

Post a Comment

Powered by Blogger.