Search

Pak Prabowo, Jadi atau Enggak Beli Sukhoi Su-35?

Jakarta, CNBC Indonesia - Duta Besar Rusia untuk Indonesia Lyudmila Vorobieva mengungkap sebuah fakta perihal pembelian 11 unit Sukhoi Su-35 oleh Pemerintah Indonesia. Lyudmila menyebut kontrak pembelian itu sudah ditandatangani beberapa waktu lalu.

"Kami berharap itu akan segera diimplementasikan," ujar Lyudmila, ditemui di Galeri Nasional Indonesia, Jakarta Pusat, Senin (3/2/2020) petang.

Kendati demikian, Ia tidak mengelaborasi apa yang menjadi penyebab belum diimplementasikannya kontrak pembelian itu. Namun yang pasti, menurut Lyudmila, Indonesia tidak akan rugi membeli 11 unit Sukhoi Su-35.

"Indonesia akan memiliki salah satu alat utama sistem persenjataan terbaik di dunia," kata Lyudmila.


Rencana pembelian 11 unit Sukhoi Su-35 kembali mencuat selepas kunjungan kerja Menteri Pertahanan RI Letnan Jenderal TNI (Purn) Prabowo Subianto ke Rusia sepekan sebelumnya. Saat itu, Prabowo menemui Menteri Pertahanan Rusia Sergey Shoygu di kantor Kementerian Pertahanan Rusia, Moskow, Selasa (28/1/2020) waktu setempat.
Jadi Beli Sukhoi Su-35 Pak Prabowo?Foto: Pesawat Sukhoi SU-35. (AP Photo/Francois Mori)

Banyak hal dibicarakan dalam rangka diplomasi pertahanan. Salah satu poin penting dalam pembicaraan itu adalah rencana Prabowo menuntaskan pembelian 11 jet tempur Sukhoi Su-35 senilai US$ 1,14 miliar (Rp 15,57 triliun dengan asumsi kurs Rp 13,658.26). Demikian diungkapkan oleh Duta Besar RI untuk Rusia Wahid Supriyadi seperti dilaporkan cnnindonesia.com, Rabu (29/1/2020).

"Ya tadi disinggung juga [soal pembelian Sukhoi], itu tinggal tunggu proses saja," kata Wahid.


Kendati demikian, akan disepakati kedua negara. Pun waktu pengirimannya ke Tanah Air.

"Iya [pembicaraan seputar kontrak pembelian Sukhoi] masih on. Ya segera setelah persyaratan terpenuhi [kontrak pembelian akan disepakati]," ujar Wahid.

Pada Kamis lalu, Prabowo Subianto pun buka suara perihal kelanjutan tersebut. Menurut dia, pembahasan masih terus dilakukan. "Kita lihat nanti. Semua akan dievaluasi," kata Prabowo ketika ditemui di Kompleks Istana Kepresidenan, Kamis (6/2/2020).

Rencana Indonesia membeli 11 Su-35 ini sudah berlangsung dalam 2 tahun terakhir. Sejumlah pihak menuturkan jet-jet tersebut akan tiba di Indonesia pada 2019. Namun, hingga kini belum ada kepastian dari Pemerintah Indonesia apakah pembelian belasan pesawat itu dilanjutkan.

Rusia tak menampik salah satu hambatan pembelian Sukhoi ini adalah bayang-bayang sanksi Amerika Serikat (AS). Meski begitu, Prabowo menegaskan Indonesia adalah negara berdaulat sehingga keputusan apa pun tidak bisa bisa diintervensi apalagi diancam negara lain.

Ketua Umum Partai Gerakan Indonesia Raya itu pada akhir November lalu menuturkan akan mengkaji ulang rencana pembelian Sukhoi tersebut terutama dari sisi efisiensi anggaran dan keuntungan yang diperoleh Indonesia.

Beberapa waktu sebelumnya, tepatnya di sela pameran International Aviation and Space Show (MAKS) 2019, Direktur Dinas Federal untuk Kerja Sama Teknis dan Militer Rusia Dmitriy Shugaev mengungkapkan kontrak pembelian 11 unit Su-35 untuk Indonesia masih berlaku.


"Kami sedang bekerja bersama untuk merumuskan hal itu. Kami sedang membahas beberapa perincian kecil yang tercantum di dalam kontrak," ujar Shugaev, Jumat (30/8/2019), seperti dilansir detik.com.

Ia pun berharap kontrak pengadaan pesawat tempur itu bisa terwujud dalam waktu dekat. Shugaev menyebut hal itu untuk menjawab pertanyaan banyak wartawan di seluruh dunia terhadap apa yang terjadi hari ini pada mereka dari sisi kebijakan internasional Amerika Serikat.

Eks Menko Polhukam Jenderal TNI (Purn) Wiranto mengatakan pembelian 11 unit Sukhoi Su-35 dilakukan dengan skema imbal hasil dagang. Maksudnya, 50% dari nilai itu dibiayai dengan komoditas antara lain CPO, kopi, hingga tembakau.


Syarat kedua adalah memberikan hak kepada Indonesia membangun pabrik suku cadang Sukhoi di Tanah Air. Harapannya tentu ada transfer teknologi dalam konteks ini.

CNBC Indonesia sudah berusaha untuk mengonfirmasi perkembangan terbaru perihal negosiasi pembelian 11 unit Sukhoi Su-35 kepada Kepala Biro Humas Sekretariat Jenderal Kementerian Pertahanan Brigadir Jenderal TNI Totok Sugiharto dan Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga.

Namun hingga berita ini ditulis belum ada respons dari Totok maupun Jerry. Manajemen Sukhoi di Rusia pun belum membalas pesan dari CNBC Indonesia.

[Gambas:Video CNBC] (tas/tas)

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/2Stuqft

February 09, 2020 at 02:19PM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Pak Prabowo, Jadi atau Enggak Beli Sukhoi Su-35?"

Post a Comment

Powered by Blogger.