Search

Impor Lebih dari 50%, Indonesia Kecanduan Minyak Arab

Jakarta, CNBC Indonesia - Indonesia kecanduan minyak Arab? Bukan, maksudnya bukan minyak wangi dari Arab itu. Melainkan minyak mentah, minyak bumi yang merupakan sumber energi penggerak roda perekonomian.

Timur Tengah memang kawasan kaya minyak. Organisasi Negara-negara Eksportir Minyak (OPEC) mencatat, sekitar 64,5% cadangan minyak dunia berasal dari daerah bergurun pasir tersebut.

OPEC

Tidak seperti Indonesia, populasi penduduk di negara-negara Timur Tengah tidak terlampau banyak. Misalnya Arab Saudi, pemilik cadangan minyak terbesar di Timur Tengah, berpenduduk sekitar 34,81 juta jiwa.

Produksi minyak mentah Arab Saudi pada 2018 tercatat 12,42 juta barel/hari, berada di peringkat kedua dunia hanya kalah dari Amerika Serikat (AS) dengan produksi 17,94 juta barel/hari. Namun jumlah penduduk Negeri Paman Sam mencapai 330,28 juta jiwa membuat produksi banyak terpakai untuk kebutuhan dalam negeri.

Oleh karena itu, Arab Saudi menjadi eksportir minyak terbesar di kolong langit. Pada 2018, ekspor minyak Arab Saudi tercatat 7,37 juta barel/hari.

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/38DTKpE

February 18, 2020 at 04:54PM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Impor Lebih dari 50%, Indonesia Kecanduan Minyak Arab"

Post a Comment

Powered by Blogger.