Search

Meneropong Tren Penjualan Smarphone Pintar pada 2019

Jakarta, CNBC Indonesia - Pasar ponsel pintar disinyalir sedang menurun. Itu lantaran adanya harga yang tinggi dan beberapa faktor-faktor lainnya.

Survei terbaru menunjukkan bahwa penjualan ponsel global mengalami kontraksi terburuk pada 2018, dan prospek untuk 2019 tidak jauh lebih baik.

Meski begitu, para analis tidak melihat redup nya tren penjualan dalam waktu dekat di era ponsel pintar. Bahkan ini dipandang sebagai perangkat yang harus dimiliki banyak orang di seluruh dunia.

"Mereka belum memiliki pengganti yang layak. Selalu ada kemungkinan untuk pergi ke display yang dapat dikenakan atau dipasang di kepala, tetapi tidak ada yang muncul sebagai ancaman nyata," kata analis independen Silicon Valley Rob Enderle tentang smartphone tersebut.

Volume handset di seluruh dunia turun 4,1 persen pada 2018 menjadi total 1,4 miliar unit yang dikirim untuk setahun penuh, menurut perusahaan riset IDC, yang melihat potensi penurunan lebih lanjut tahun ini.

Pelacak pasar lain, Gartner, mengatakan penelitiannya menyarankan beberapa stabilisasi di pasar ponsel pintar pada akhir tahun lalu, kata analis Werner Goertz.

"Ponsel ada di sini untuk tetap. Ponsel yang dapat dilipat akan mewakili fitur mengganggu yang sangat bagus," kata Goertz.

Analis menunjukkan bahwa produk teknologi lainnya seperti komputer pribadi telah melihat pasang surut yang sama.

"Pasar akan selalu memiliki momen yang lambat ketika perusahaan harus mengeluarkan lebih banyak uang pemasaran untuk membuat orang keluar dan membeli barang," kata Enderle.

Dia menambahkan bahwa beberapa konsumen menunda untuk mengganti perangkat mereka di tengah kenaikan harga untuk perangkat premium seperti iPhone Apple.

Kekacauan pasar

Kendati demikian, data terbaru menunjukkan bahwa hari-hari pertumbuhan smartphone yang menurun sudah berakhir dan bahwa pertumbuhan atau kontraksi lesu kemungkinan terjadi banyak pasar.

Apple baru-baru ini melaporkan penurunan langka dalam pendapatan pada kuartal keempat Samsung Korea Selatan, pembuat smartphone terbesar, melaporkan penurunan laba bersih kuartal keempat, menyalahkan penurunan permintaan untuk produk-produk utamanya.

"Secara global pasar smartphone berantakan sekarang. Di luar beberapa pasar dengan pertumbuhan tinggi seperti India, Indonesia, Korea Selatan dan Vietnam, kami tidak melihat banyak kegiatan positif pada 2018," kata analis IDC Ryan Reith.

Reith mencatat bahwa seiring dengan konsumen yang menunggu lebih lama untuk mengganti telepon mereka dan frustrasi tentang mahalnya perangkat premium, ada ketidakpastian politik dan ekonomi.

Pasar Cina, yang menyumbang sekitar 30 persen dari penjualan smartphone, terutama terpukul dengan penurunan 10 persen, menurut survei IDC.

Namun, pembuat smartphone Cina seperti Huawei, OPPO, dan Xiaomi menentang tren dan mengakhiri tahun dengan keuntungan, menurut Counterpoint Research.

Aryo Meidianto, PR Manager OPPO Indonesia, mengatakan penjualan pada 2019 cenderung stabil, meskipun tahun ini disebut sebagai tahun politik.

"Sepertinya keputusan pembelian perangkat smartphone tidak dipengaruhi oleh tahun politik yang lebih terpengaruh mungkin bagaimana intensitas konsumen yang membeli perangkat smartphone pada jaringan luring yang mengalami penurunan," ujarnya.

Aryo menambahkan tantangan penjualan smartphone lebih kepada pola perilaku konsumen yang berubah - ubah. Butuh waktu untuk memahami bagaimana pola konsumen Indonesia terhadap penggunaan smartphone.

"Seperti diketahui Indonesia menduduki peringkat ketiga dalam penggunaan social media Instagram menurut we are social pada januari 2018 yang lalu. Ini mengindikasikan perilaku konsumen di indonesia menginginkan smartphone dengan kualitas yang baik," ujarnya.

Tantangannya, tutur dia, bagaimana menghadirkan perangkat dengan kualitas foto yang baik, jika trend selfie masih berlanjut. Untuk itu, OPPO melihat di tahun ini trend foto malam hari akan lebih berkembang.

"Tantangan lain penjualan smartphone adalah pemenuhan nilai Tingkatan kandungan Dalam Negeri (TKDN) yang persentasenya selalu naik dari tahun ke tahun," ujarnya.

Foto: Hasil foto OPPO R17 Pro (Dok. OPPO)
(dob)

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/2GSIv1G

February 22, 2019 at 04:19AM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Meneropong Tren Penjualan Smarphone Pintar pada 2019"

Post a Comment

Powered by Blogger.