Search

BI Pangkas Bunga Acuan, IHSG Malah DIbuka di Zona Merah

Jakarta, CNBC Indonesia - Pada pembukaan perdagangan pagi ini, Jumat (21/2/2020) Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) mengalami pelemahan terbatas setelah mengalami penguatan empat hari beruntun.

Pada 09.00 WIB IHSG dibuka turun 1,7 poin atau terkoreksi tipis 0,03% ke level 5.940,78. Indeks bursa saham tanah air bergerak senada dengan indeks Kospi yang kini berada di zona merah turun 0,88%, indeks Hang Seng yang terkoreksi 0,63%, indeks Shang Hai komposit juga melemah 0,13%.

Sementara bursa saham utama kawasan benua kuning yang bergerak di zona hijau pada perdagangan pagi ini adalah indeks Nikkei225 yang terapresiasi 0,09% dan indeks Straits Times yang menguat tipis 0,01%.


Tadi pagi tiga indeks utama Wall Street juga ditutup melemah. Indeks Dow Jones turun 0,4%, indeks S&P 500 terkoreksi 0,4% dan indeks Nasdaq komposit melorot paling dalam sebesar 0,7%.

Pelaku pasar masih terus mewaspadai dampak yang ditimbulkan oleh virus corona. Walaupun kasus baru orang yang terinfeksi dan meninggal yang berhasil terkonfirmasi jumlahnya turun, tetapi korban meninggal yang dilaporkan di luar China bertambah.

Hingga pagi ini, data dari John Hopkins University CSSE menunjukkan sudah ada 76.295 kasus orang yang positif terinfeksi virus mematikan ini. Jumlah korban meninggal mencapai 2.247.

Jumlah korban meninggal di luar China jumlahnya bertambah. Kini sudah ada dua orang yang dilaporkan meninggal di kapal pesiar Diamond Princess, dua orang lain dilaporkan meninggal di Iran, satu orang di Korea Selatan.

Jumlah korban meninggal sisanya masih sama seperti kemarin masing-masing satu berasal dari Hong Kong, Perancis, Jepang, Filipina dan Taiwan.

Dampak virus corona terhadap perekonomian mulai terasa. Di Jepang contohnya angka pembacaan awal angka PMI manufaktur untuk bulan Februari 2020 mengalami kontraksi dan menjadi yang terendah sejak 2012.

Ekonomi China juga diramal seret tahun ini. Kajian Morgan Stanley menunjukkan bahwa pertumbuhan ekonomi Negeri Tirai Bambu itu diramal turun sebesar 0,8-1,3 persen poin pada semester pertama tahun ini.

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/38Xb09T

February 21, 2020 at 04:55PM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "BI Pangkas Bunga Acuan, IHSG Malah DIbuka di Zona Merah"

Post a Comment

Powered by Blogger.