Search

Libur Lebaran 2019, Trafik Data XL Axiata Melonjak 57%

Jakarta, CNBC Indonesia - Emiten telekomunikasi PT XL Axiata Tbk (EXCL) mencatatkan kinerja baik selama masa krusial periode Lebaran 2019 (H-1 sampai dengan H+1). Selain tidak ada problem jaringan, trafik layanan data juga meningkat hingga 24% dibandingkan hari biasa.

Adapun jika dibandingkan trafik tertinggi pada Lebaran tahun lalu, trafik data saat ini meningkat 57%. Selain data, trafik layanan SMS juga meningkat sebesar 3% dibandingkan hari biasa, sedangkan layanan percakapan/voice turun karena perubahan perilaku pengguna yang banyak beralih ke layanan data.

Propinsi Jawa Barat dan Lampung menjadi wilayah dengan trafik data tertinggi selama periode Lebaran dengan peningkatan sebesar 43% dan 38% hari biasa.

Direktur Teknologi XL Axiata, Yessie D. Yosetya mengatakan performa layanan saat libur panjang Lebaran juga merupakan salah satu ujian bagi XL Axiata dalam mengukur performa di sepanjang tahun.


"Satu hal yang paling krusial dalam menyediakan layanan selama libur Lebaran setiap tahun adalah bagaimana kita bisa menyediakan layanan berkualitas, yang merupakan kombinasi antara jaringan dengan performa tinggi dan produk yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan," katanya dalam siaran pers diterima CNBC Indonesia, Selasa (11/6/2019).

Dia menjelaskan persiapan terhadap jaringan XL Axiata tidak hanya sebatas menambah kapasitas atau BTS (base transceiver station) di jalur mudik, namun juga atas konfigurasi jaringan yang paling sesuai dengan tren dan kebiasaan pelanggan dalam mengkonsumsi layanan terutama data.

Untuk trafik mengakses ke layanan pesan berbasis data (instant messaging) seperti WhatsApp,Line dan sebagainya secara rata-rata meningkat 48%, mengakses layanan jejaring sosial simple notification service/SNS (Facebook, Twitter, Instagram) meningkat 17%, streaming video dan sebagainya meningkat 22%. Bahkan pada Lebaran tahun ini ada kenaikan akses games sebesar 15%.

Kontribusi peningkatan trafik akses SNS di hari Lebaran terutama didukung meningkatnya trafik mengakses aplikasi Instagram (35%), ada juga peta digital WAZE yang meningkatkan sebesar 93% dibandingkan hari biasa dan selama masa mudik layanan portal hiburan seperti Spotify naik 8% dan Netflix 77%.

Untuk aktifitas pembelian online selama lebaran 2019 juga mengalami perubahan pola dibandingkan lebaran 2018. Bila Lebaran 2018, situs Lazada paling banyak diakses pelanggan, maka selama Lebaran 2019, Shopee menjadi situs belanja online yang paling banyak diakses pelanggan, disusul Bukalapak dan Tokopedia.

Data dari pusat monitoring jaringan XL Axiata juga menunjukkan area-area dengan lonjakan trafik yang signifikan dibandingkan kondisi normal. Sebut saja seperti pusat perbelanjaan, meningkat 6%, lokasi wisata naik 9%, bandara naik 5%, dan stasiun kereta rata-rata naik 12%.

Perpindahan trafik layanan antar daerah juga meningkat. Tercatat, trafik layanan data di wilayah Jabodetabek berkurang 8% selama Lebaran 2019. Sebaliknya, trafik layanan data di Jawa Tengah dan DI Yogyakarta naik antara 10-25%, Jawa Barat naik 11-43%, Lampung naik 38%, dan Sumatera Selatan naik 15%.

Kota-kota yang menyumbang kenaikan trafik tertinggi berada di wilayah-wilayah yang menjadi tujuan mudik atau perpindahan pelanggan tersebut. Kota Jepara menjadi kota dengan trafik tertinggi dengan naik 137% di banding hari normal, selanjutnya Kota Kuningan naik 102%, dan Kabupaten Pemalang naik 83%.

Di wilayah Kalimantan, kota dengan trafik tertinggi adalah Kabupaten Kutai Kartanegara naik 79%, kota Tanah Laut naik sekitar 51%, lalu diikuti kota Balikpapan naik 40%. Sementara di Sulawesi, Kabupaten Pinrang, naik sekitar 81%, dan Kota Manado naik sekitar 16%. (tas/hps)

Let's block ads! (Why?)



http://bit.ly/2IwUSQm

June 11, 2019 at 04:15PM

Bagikan Berita Ini

Related Posts :

0 Response to "Libur Lebaran 2019, Trafik Data XL Axiata Melonjak 57%"

Post a Comment

Powered by Blogger.