Search

2.247 Tewas Akibat Corona: Korea Mulai Gawat, RI Masih Kebal

Jakarta, CNBC Indonesia - Data terakhir pada 21 Februari 2020 malam waktu Indonesia, tercatat sudah 76.726 orang yang positif corona (covid-19). Sebanyak 2.247 dilaporkan meninggal dunia.

Selain di seluruh kawasan China, Kapal Pesiar Diamond Princess dan Korea Selatan menjadi kawasan yang terbanyak terpapar virus tersebut.

Di kapal pesiar mencapai 634 yang positif corona, sementara Korea Selatan telah menembus 156 kasus.


Para pejabat di Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menekankan bahwa virus corona (Covid-19) dapat menyebar secara global kapan saja. Saat ini, virus corona dikonfirmasi sudah menjangkit 29 negara, termasuk China sendiri.

"Jumlah kasus di seluruh dunia sangat kecil dibandingkan dengan yang kita miliki di China, tetapi itu mungkin tidak akan bertahan lama," kata Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus di Jenewa pada Kamis (20/2/2020), dikutip dari CNBC Internasional.




"Jendela peluang yang kita miliki sekarang dapat ditutup, jadi kita perlu menggunakan jendela peluang yang kita miliki sekarang dengan memalu wabah di negara mana pun," kata Tedros.



Pernyataan itu muncul setelah para pejabat kesehatan mengkonfirmasi bahwa virus telah menyebar ke Iran dan angkanya melonjak di Korea Selatan dalam semalam.

 Iran melaporkan dua kasus pertama yang dikonfirmasi pada hari Rabu, 19 Februari kemarin dan tak lama kedua pasien tersebut tewas.

Iran kini memiliki lima kasus yang dikonfirmasi, termasuk kasus dua kematian tersebut.

 Sementara itu, kasus di Korea Selatan meningkat dalam beberapa hari terakhir. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea awalnya melaporkan 53 kasus, lalu muncul 20 kasus baru. Korea Selatan juga melaporkan kematian pertama pasien penyakit COVID-19 pada hari Kamis kemarin.


"Meskipun jumlahnya tampaknya cukup tinggi, mereka sebagian besar terkait dengan wabah yang diketahui dan sudah ada. Sehingga belum berubah dan itu tidak menandakan perubahan tertentu dalam epidemiologi global," ujar Dr. Oliver Morgan, direktur informasi darurat kesehatan dan penilaian risiko WHO menyoal kasus baru di Korea Selatan.



Sebagian besar pasien di Korea Selatan berasal dari kota Daegu dan sekitarnya. Wali Kota Daegu, Kwon Young-jin, memperingatkan warganya untuk tetap tinggal di dalam rumah saat agar tidak tertular.

"Saya pikir jumlah kasus benar-benar dapat dikelola dan saya berharap Korea Selatan akan melakukan segalanya untuk mengatasi wabah ini pada tahap awal ini," tambah Tedros tentang situasi di Korea Selatan saat ini.

NEXT > RI dan Afrika Kebal

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/38NZxsR

February 22, 2020 at 02:21PM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "2.247 Tewas Akibat Corona: Korea Mulai Gawat, RI Masih Kebal"

Post a Comment

Powered by Blogger.