Search

Inflasi Rendah Sampai Damai Dagang Bikin Rupiah Menang

Jakarta, CNBC Indonesia - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) bergerak menguat tipis di perdagangan pasar spot hari ini. Pasar yang masih sepi membuat rupiah punya waktu untuk konsolidasi setelah menguat begitu tajam tahun lalu.

Pada Jumat (3/1/2020), US$ 1 setara dengan Rp 13.875 kala pembukaan pasar spot. Rupiah menguat 0,06% dibandingkan posisi penutupan perdagangan hari sebelumnya.

Penguatan rupiah belum bisa terlalu signifikan karena sepanjang tahun lalu apresiasi mata uang Tanah Air mencapai hampir 3,5%. Dalam sebulan terakhir saja, rupiah masih menguat signifikan tepatnya 1,67%.


 

Apalagi pasar sedang sepi selepas libur Tahun Baru, dan mungkin baru benar-benar aktif pekan depan. Situasi ini dimanfaatkan investor untuk melakukan konsolidasi, menata dan menyiapkan diri untuk mengarungi perdagangan 2020.

Dari dalam negeri, sepertinya rilis data inflasi mulai mempengaruhi pergerakan rupiah. Kemarin, Badan Pusat Statistik (BPS) mengumumkan laju inflasi sepanjang 2019 sebesar 2,72%, terendah dalam 20 tahun terakhir.


Inflasi yang rendah bisa menjadi sentimen positif bagi rupiah. Memegang rupiah akan menguntungkan karena nilainya tidak banyak tergerus oleh 'monster' inflasi.

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/2ZQ2LZd

January 03, 2020 at 03:14PM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Inflasi Rendah Sampai Damai Dagang Bikin Rupiah Menang"

Post a Comment

Powered by Blogger.