Search

Biar Lebih Terpercaya, Pefindo Mau Bikin Rating Reksa Dana

Jakarta, CNBC Indonesia - PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) berencana akan memberikan pemeringkatan untuk produk reksa dana. Namun, rencana ini masih dalam persiapan mengingat Pefindo masih melakukan diskusi awal dengan sejumlah fund manager.

Direktur Utama Pefindo Salyadi Saputra mengatakan lembaga yang dipimpinnya ini memang sudah sejak lama berencana untuk memberikan peringkat untuk reksa dana. Namun selama ini masih terkendala ketersediaan data.


"Tergantung data apa yang kita bisa dapatkan tentang reksa dana. Kalau metodologi-nya kita sudah ada kan. Baru diskusi awal," kata Salyadi kepada CNBC Indonesia pekan ini.

Dia menjelaskan, data yang dimaksud adalah aset dasar (underlying) yang ada dalam produk tersebut. Selama ini kendalanya adalah keterbukaan informasi mengenai underlyingnya, baik dalam bentuk saham dan surat utang negara maupun korporasi.


Tak ada target kapan rencananya Pefindo akan memantapkan diri untuk mulai memberikan peringkat untuk produk ini. Lantaran untuk hal seperti ini, kata Salyadi, membutuhkan diskusi dengan banyak pihak.

[Gambas:Video CNBC]

(hps/hps)

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/2v88iPL

February 06, 2020 at 04:38PM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Biar Lebih Terpercaya, Pefindo Mau Bikin Rating Reksa Dana"

Post a Comment

Powered by Blogger.