Search

BNPB Surati Seluruh Kepala Daerah, Ada Bahaya Banjir?

Jakarta, CNBC Indonesia - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo mengatakan setiap daerah perlu meningkatkan upaya kesiap-siagaan terhadap musim hujan, mengingat hingga Februari diperkirakan akan turun hujan.

Menurutnya masih diperlukan kesiapsiagaan di seluruh daerah. Bahkan Presiden Joko Widodo berpesan kepada seluruh pemimpin di daerah agar dapat berkolaborasi dengan pemerintah pusat dan TNI/POLRI serta relawan, untuk menjadi suatu kekuatan dalam upaya pencegahan dan kesiapsiagaan agar mengurangi korban jiwa.


BNPB pun telah memberikan surat edaran kepada gubernur dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) se-Indonesia tentang pengurangan risiko bencana dan kesiapsiagaan menghadapi musim hujan 2019 -2020.

Merujuk pada prakiraan cuaca dari BMK, BNPB sebelumnya juga telah mengadakan rapat kordinasi penanganan darurat bencana banjir, tanah longsor dan angin puting beliung pada selasa 17 Desember 2019 di Graha BNPB Jakarta yang dihadiri oleh seluruh kepala pelaksana BPBD, Polda dan Danrem seluruh Indonesia serta Kementerian/Lembaga terkait. Hal itu untuk mengantisipasi potensi bencana yang disebabkan oleh hujan.


Mengutip laman setkab.go.id, Doni Monardo juga mengimbau kepada masyarakat dan perangkat daerah yang rumahnya berada di sepanjang aliran sungai dan berisiko banjir bandang untuk segera mengevakuasi diri.

"Jadi masyarakat di sepanjang aliran sungai yang berisiko menjadi korban banjir bandang untuk mengevakuasi diri ke tempat lebih aman, serta ketegasan kepala daerah tingkat desa dan lurah mengingatkan ke masyarakatnya agar tidak berada ditempat yang sangat berisiko, karena bisa saja hujan terjadi di hulu bukan di tempat mereka, namun mereka mereka bisa terkena aliran deras dari hulu," kata Doni.

[Gambas:Video CNBC]

(hps/hps)

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/39BTAAf

January 04, 2020 at 06:06PM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "BNPB Surati Seluruh Kepala Daerah, Ada Bahaya Banjir?"

Post a Comment

Powered by Blogger.