Search

Top! Akhirnya Harga Batu Bara Membara, Naik Signifikan 5,64%

Jakarta, CNBC Indonesia - Setelah lebih dari empat bulan bergerak sideways, harga batu bara ditutup menguat signifikan pada perdagangan pekan lalu. Kenaikan signifikan ini juga menandai harga batu bara yang mencetak rekor tertinggi sejak September tahun lalu.

Jumat (10/1/2020), harga batu bara kontrak berjangka ICE Newcastle ditutup di level US$ 75,85/ton, menguat 5,64% dibanding posisi penutupan perdagangan sehari sebelumnya. Harga batu bara mencetak rekor harga tertinggi barunya sejak 23 Juli 2019.


Faktor yang membuat harga batu bara melejit dalam sehari adalah semakin dekatnya tanggal 15 Januari yang bakal jadi tanggal bersejarah bagi Amerika Serikat dan China. . Untuk pertama kalinya setelah 18 bulan lebih berseteru, AS dan China akan menandatangani dokumen kesepakatan dagang fase I.
Dokumen yang menjelaskan tentang detail poin kesepakatan dagang tersebut akan dirilis minggu ini. Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin. "Kami telah melalui proses translasi yang kami pikir ini masalah teknis, dokumen akan diriis minggu ini. Saat hari penandatanganan dokumen berbahasa Inggris akan kami rilis"

Sebelumnya ada keraguan bahwa China akan benar-benar membeli produk pertanian AS lantaran Beijing mencoba mendiversifikasi pembelian kedelai dari Brazil. Namun Mnuchin menegaskan bahwa tak ada yang berubah dalam kesepakatan antara AS dan China.

Reuters melaporkan Mnuchin mengatakan pada Fox News bahwa China masih akan membeli produk pertanian Paman Sam senilai US$ 40 miliar hingga US$ 50 miliar secara tahunan dan produk AS lain senilai US$ 200 miliar dalam dua tahun.

"Itu (kesepakatan) masih tak berubah. Saya tidak mengetahui dari mana rumor itu beredar," kata Mnuchin dalam acara Sunday Morning Futures with Maria Batimoro Show.

Sentimen ini tentu memberi tenaga bagi batu bara. Pasalnya saat kedua raksasa ekonomi global tersebut berseteru, aktivitas perdagangan dan manufaktur mengalami perlambatan, bahkan kontraksi. Ini lah yang menyebabkan harga batu bara anjlok 30% pada 2019.

Ketika keduanya punya itikad untuk mengakhiri perseteruan, hal ini jadi kabar baik untuk batu bara lantaran munculnya harapan bahwa aktivitas perdagangan dan manufaktur yang sebelumnya sempat terkontraksi dapat kembali pulih dan mendongkrak permintaan batu bara.

Selain itu, hal lain yang juga memberi tenaga bagi batu bara adalah rata-rata pendapatan kapal tanker terbesar jenis Capesize yang mengangkut batu bara atau bijih besi dengan kapasitas 170.000-180.000 ton mengalami kenaikan US$ 239 menjadi US$ 9.438.  

[Gambas:Video CNBC]

TIM RISET CNBC INDONESIA (twg/twg)

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/35LHO31

January 13, 2020 at 05:41PM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Top! Akhirnya Harga Batu Bara Membara, Naik Signifikan 5,64%"

Post a Comment

Powered by Blogger.