Search

Terungkap! Ini Dia Tersangka Serangan Bom Sri Lanka

Jakarta, CNBC Indonesia - Seorang ekstremis yang diyakini memainkan peran penting dalam serangkaian serangan bom di Sri Lanka saat Paskah, Minggu (21/4/2019), memimpin serangan terhadap sebuah hotel di Kolombo.

"Apa yang dikatakan badan intelijen kepada saya adalah bahwa Zahran terbunuh dalam serangan di Shangri-La," kata Presiden Sri Lanka Maithripala Sirisena kepada wartawan, Jumat (26/04/2019).

Ia merujuk pada Zahran Hashim, pemimpin kelompok ekstremis lokal.


Dia menambahkan bahwa Hashim memimpin serangan terhadap hotel mewah itu dan disertai oleh pengebom kedua, yang diidentifikasi sebagai "Ilham".


Dia mengatakan informasi tersebut berasal dari intelijen militer dan sebagian didasarkan pada rekaman CCTV yang ditemukan dari tempat kejadian.

Hashim muncul dalam sebuah video yang dirilis oleh kelompok radikal ISIS setelah mereka mengklaim sebagai dalang pengeboman itu. Namun, keberadaannya setelah ledakan itu tidak diketahui.

Sedikitnya 359 orang orang tewas dalam serangan terhadap tiga gereja dan empat hotel itu.

Pasukan keamanan telah memburu Hashim, yang diyakini berusia sekitar 40 tahun, setelah pemerintah menyebut kelompok yang dipimpinnya (Jamaah Thowheeth Nasional) sebagai tersangka utama, dilansir dari Channel News Asia.

Wakil Menteri Pertahanan Ruwan Wijewardene mengatakan, Rabu, ada sembilan pengebom bunuh diri. Delapan di antaranya telah diidentifikasi dan salah satunya adalah seorang wanita, katanya.

Terungkap! Ini Dia Tersangka Serangan Bom Sri LankaFoto: infografis/ infografis 8 bom guncang perayaan paskah sri lanka/ Aristya Rahadian Krisabella

"Sebagian besar pengebom berpendidikan tinggi, berasal dari keluarga yang kuat secara ekonomi. Beberapa dari mereka menempuh pendidikan di luar negeri," kata Wijewardene dalam konferensi pers.

"Salah satu dari mereka, kita tahu pergi ke Inggris, kemudian ke Australia untuk memperoleh gelar sarjana hukum. Mitra asing, termasuk Inggris, membantu kami dalam penyelidikan itu," tambahnya, mengutip Reuters.

Dua dari pengebom itu bersaudara dan merupakan putra seorang pedagang rempah kaya dan orang penting dalam komunitas bisnis, kata seorang sumber yang dekat dengan keluarga itu.


Pejabat intelijen dan Perdana Menteri Ranil Wickremesinghe sebelumnya juga mengungkapkan dugaan bahwa Zahran mungkin adalah dalang pemboman ini.

Dia terkenal karena pandangan militan dan postingan Facebooknya yang berapi-api, menurut para pemimpin Muslim dan laporan intelijen Sri Lanka yang dikeluarkan sebelumnya dan telah dilihat oleh Reuters.

Saksikan video mengenai jumlah korban bom Sri Lanka berikut ini.

[Gambas:Video CNBC]

(prm/prm)

Let's block ads! (Why?)



http://bit.ly/2VpnvY9

April 26, 2019 at 11:36PM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Terungkap! Ini Dia Tersangka Serangan Bom Sri Lanka"

Post a Comment

Powered by Blogger.