Search

Said Iqbal: May Day, 100 Ribu Buruh Bakal Kepung Senayan

Jakarta, CNBC Indonesia- Sekitar seratus ribu buruh se-Jabodetabek akan datang ke Jakarta pada puncak peringatan Hari Buruh atau yang lazim dikenal dengan sebutan May Day, pada 1 Mei 2019 mendatang.

Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal mengatakan, dari jumlah tersebut, sekitar 50 ribu buruh anggota KSPI akan memusatkan peringatan Hari Buruh kali ini di Lapangan Tenis Indoor Senayan, di mana calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto rencananya akan hadir memberikan sambutan.


"Peringatan May Day KSPI di Jabodetabek tahun ini akan dipusatkan di Lapangan Tenis Indoor Senayan mulai pukul 10.00. Jadi tahun ini kami tidak ada long march. Pesertanya kurang lebih 50 ribu orang dan akan dihadiri Pak Prabowo memberikan pidato sambutan," ujar Iqbal dalam konferensi pers di bilangan Menteng, Senin (29/4/2019).

Iqbal menjelaskan, isu yang akan diperjuangkan kali ini adalah kesejahteraan buruh sebagai isu tradisional serta demokrasi yang jujur dan damai karena bertepatan dengan pemilu.

"Pelaksanaan demokrasi ini harus damai dan jujur karena banyak caleg dari buruh ikut dalam kontestasi pemilihan legislatif. KSPI juga sudah menandatangani kontrak politik dengan Pak Prabowo setahun lalu sehingga kami berkepentingan mengawal suara-suara, termasuk Pak Prabowo dalam rekapitulasi manual KPU nanti," jelasnya.

Said Iqbal: May Day, 100 Ribu Buruh Bakal Kepung Jakarta Foto: Infografis/Upah Buruh/Edward Ricardo

Menurut Iqbal, ada setidaknya lima isu kesejahteraan buruh yang akan diangkat dalam May Day tahun ini, yakni:

1. Tolak upah murah dan cabut PP 78/2015 tentang Pengupahan serta menaikkan daftar Kebutuhan Hidup Layak (KHL) menjadi 84 item, 
2. Peningkatan manfaat (benefit) jaminan kesehatan dan jaminan pensiun
3. Hapus sistem outsourcing dan pemagangan yang berkedok outsourcing,
4. Peningkatan kesejahteraan pengemudi ojek online dan guru honorer
5. Melawan tindakan union-busting (pemberangusan serikat pekerja/serikat buruh) 

(gus)

Let's block ads! (Why?)



http://bit.ly/2UMK0Sf

April 29, 2019 at 10:01PM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Said Iqbal: May Day, 100 Ribu Buruh Bakal Kepung Senayan"

Post a Comment

Powered by Blogger.