Search

Prabowo-Sandi: Emak-emak Tulang Punggung Ekonomi, Tapi...

Jakarta, CNBC Indonesia - Pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno buka suara soal peran perempuan dalam perekonomian negara. Meskipun dalam paparannya, pasangan itu hanya fokus soal penguatan perempuan di sektor mikro dan rumah tangga.

Dimulai dengan pernyataan Prabowo Subianto. Prabowo mengatakan partisipasi perempuan sangat penting dan sebetulnya sangat menonjol.

"Kita pernah ada presiden perempuan, dan dalam kampanye pemilu ini peranan emak-emak besar," katanya dalam debat kelima pemilihan presiden 2019 di Hotel Sultan, Jakarta, Sabtu (13/4/2019). Tema yang diangkat adalah ekonomi, kesejahteraan sosial, keuangan, investasi, perdagangan, dan industri.

Dengan peranan mereka yang besar, ia melanjutkan, maka kebijakannya mulai dari undang-undang benar-benar harus mencerminkan kepentingan kaum emak-emak.

"Mau tidak mau," katanya.

Sementara, sang calon wakil presiden 02 Sandiaga Uno menambahkan sambil jualan programnya yang pernah ia gadang-gadang sewaktu menjabat sebagai wakil gubernur DKI Jakarta. Sandi menjelaskan 2/3 ekonomi ditopang perempuan baik usaha menengah maupun mikro.

"Mereka inginkan kebijakan lebih berpihak agar dapat akses pendampingan dan permodalan. Program OK OCE juga didominasi emak-emak, entrepreneurship, jika ekonomi keluarga ditopang perempuan bisa lebih baik. Ketimpangan bisa dikurangi secara signifikan," ujarnya.

Prabowo-Sandi: Emak-emak Tulang Punggung Ekonomi, Tapi...Foto: Suasana debat Capres dan Cawapres ke-lima (AP / Tatan Syuflana)

Lebih lanjut, Sandi mengatakan kunci agar peran mereka meningkat adalah dengan pemberdayaan.

"Waktu tugas di DKI kami melihat perempuan jadi tulang punggung perekonomian keluarga, tapi mereka mengeluh kurangnya askes pasar," katanya.

Ia pun mengatakan bimbingan atau pembinaan kepada kaum ibu ini bisa dilakukan bertahap. Mulai dari pendaftaran, pemberian pelatihan secara berjenjang.

"80% kegagalan perempuan di bisnis karena tidak punya mentor," ujar Sandi.

Lalu pendampingan perizinan, pemasaran termasuk packaging, administrasi keuangan, lalu yang paling penting adalah permodalan.

Simak video penilaian Prabowo terkait ekonomi Indonesia di bawah ini.

[Gambas:Video CNBC]

(miq/miq)

Let's block ads! (Why?)



http://bit.ly/2DbFXZP

April 14, 2019 at 04:23AM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Prabowo-Sandi: Emak-emak Tulang Punggung Ekonomi, Tapi..."

Post a Comment

Powered by Blogger.