Search

Buka-bukaan Buwas: 1 Menteri Ganjal Bulog Impor Bawang Putih!

Jakarta, CNBC Indonesia - Kementerian Perdagangan (Kemendag) telah menerbitkan Persetujuan Impor (PI) bawang putih sejumlah 115.765 ton kepada 8 perusahaan importir swasta untuk tahun ini. Namun izin tidak diberikan untuk Bulog.

Direktur Utama Perum Bulog, Budi Waseso, atau akrab disapa Buwas mengungkapkan, masalah bawang putih ini memang belum selesai. Dan harga masih tinggi.

"Tapi kami tak bisa laksanakan impor. Walaupun sudah ada perintah bahkan Presiden juga. Kita sudah rapat juga, Bulog harus impor 100.000 Ton. Tapi ada yang membatalkan."


Akhirnya saat ini, impor bawang putih diberikan kepada perusahaan swasta. Padahal menurut Buwas, jika Bulog yang diberikan wewenang, Bulog tidak akan mencari keuntungan. Namun Buwas tidak mengungkapkan nama menteri tersebut.

"Bulog itu nggak mencari keuntungan tapi kestabilan harga, entah kenapa mungkin ada yang nggak dapat keuntungan," kata Buwas saat berbincang dengan CNBC Indonesia TV bersama Aline Wiratmaja, Senin (29/4/2019).

"Padahal itu putusan Rakortas, hanya satu Menteri yang bisa membatalkan," imbuh Buwas lebih jauh.

Menurut Buwas, ada cara berpikir yang salah dari Menteri tersebut. "Mungkin cara pikirnya salah, karena ini kepentingan masyarakat. Bukan kepentingan pribadi, karena belum ada putusan, mungkin menteri itu yang menjamin harga bawang putih," imbuh Buwas tanpa memberitahukan siapa menteri tersebut.

Bahkan lebih jauh Buwas menuding ada menteri yang ingin memicu inflasi. Karena Presiden saja, sambung Buwas justru mendukung kestabilan harga walau melalui jalan impor.

"Presiden selalu memperhatikan, supaya tidak memicu inflasi. Tapi ada menteri yang mau memicu inflasi. Perintah Presiden saja dibatalkan beliau (menteri tersebut)."

(dru/wed)

Let's block ads! (Why?)



http://bit.ly/2J0jT8h

April 29, 2019 at 07:25PM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Buka-bukaan Buwas: 1 Menteri Ganjal Bulog Impor Bawang Putih!"

Post a Comment

Powered by Blogger.