Search

Repsol Cs Setor Proposal Pengembangan Blok Sakakemang di 2020

Jakarta, CNBC Indonesia - SKK Migas sudah mengumumkan, pengeboran sumur eksplorasi KBD-2x yang dilakukan konsorsium Repsol, Petronas, dan Mitsui Oil Exploration Co. Ltd (Moeco), membuahkan hasil.

Setelah dua kali melakukan pengeboran, akhirnya ditemukan cadangan gas baru di blok Sakakemang, Sumatra Selatan. Perusahaan memberikan estimasi awal setidaknya 2 triliun kaki kubik (trilliun cubic feet/TCF) dari sumber daya yang dapat diproduksi.

Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar mengatakan, paling tidak di tahun depan, konsorsium Repsol tersebut akan mengajukan proposal terkait rencana pengembangan (POD).


"Setelah mereka melakukan pengeboran satu sumur lagi, kira-kira di 2020 baru mengajukan POD," ujar Arcandra ketika ditemui di Kementerian ESDM, Jakarta, Kamis (11/4/2019) malam.

Lebih lanjut, Arcandra menuturkan, saat ini, Repsol dkk tengah melakukan pengeboran satu sumur lagi. Ia memprediksikan, kemungkinan pengeboran itu akan selesai di akhir tahun.

"Mereka akan ngebor satu lagi. Continue reserve, mereka butuh satu sumur lagi. Baru setelah itu mereka ngajukan POD. Mungkin baru selesai mengebor satu sumur itu akhir tahun ini," imbuhnya.

Adapun, sebelumnya, Arcandra pernah menegaskan, pihaknya berjanji pengelolaan cadangan gas di blok Sakakemang ini bisa dilakukan sesuai dengan rencana yang sudah dijadwalkan.

"Kami usahakan, dipercepat, kalau bisa di bawah lima tahun sudah produksi," ujar Arcandra saat ditemui di Kementerian ESDM, Jakarta, Rabu (27/2/2019).

Repsol Cs Setor Proposal Pengembangan Blok Sakakemang di 2020Foto: Infografis/Sakakemang Calon Blok Gas Raksasa RI/Arie Pratama

Ia menjelaskan, pasalnya, skema pengelolaan blok Sakakemang tidaklah rumit, seperti proyek-proyek besar layaknya blok Masela, dan IDD. Ditambah lagi, sudah ada fasilitas yang dimiliki oleh blok Corridor yang dekat dengan blok Sakakemang.

"Semoga tidak 'ngaret'. Ini tidak rumit kok, ada fasilitas dekat blok Corridor, jadi kami harapkan bisa ada early production karena sudah ada fasilitas terbangun di situ, tinggal dia kerja sama saja dengan eksisting kontraktor," kata Arcandra.

Untuk penyaluran gasnya, Wakil Komisaris Utama Pertamina itu menegaskan akan diprioritaskan untuk konsumen domestik atau dalam negeri.

Simak video terkait cadangan gas Indonesia di bawah ini.

[Gambas:Video CNBC] (miq/miq)

Let's block ads! (Why?)



http://bit.ly/2GhaLu6

April 12, 2019 at 05:49PM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Repsol Cs Setor Proposal Pengembangan Blok Sakakemang di 2020"

Post a Comment

Powered by Blogger.