Search

OJK: Akulaku Belum Lapor Suntik Dana ke Bank Yudha Bhakti

Jakarta, CNBC Indonesia - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengaku belum mendapat laporan mengenai aksi korporasi yang dilakukan perusahaan financial technology (fintech) peer-to-peer (P2P) lending Akulaku kepada PT Bank Yudha Bhakti Tbk (BBYB).

Padahal pada 15 Maret lalu Bank Yudha Bhakti mengumumkan mendapat suntikan dana sebesar Rp 500 miliar dari Akulaku.

"Saya belum dilaporkan. Kalau PUT (Penawaran Umum Terbatas) atau right issue pasti ngomong ke OJK ke perbankan ke pasar modal kalau belum ngomong saya tidak bisa bicara. Belum ada pembicaraan formal," jelas Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan Heru Kristiyana, Selasa (2/4/2019).


Akulaku sebelumnya mengatakan kerjasama dengan Bank Yudha Bhakti tidak hanya berhenti pada penyuntikan dana sebesar Rp 500 miliar saja. Namun juga kerja sama peningkatan beberapa layanan program digital perbankan maupun bentuk financial teknologi Iain yang akan semakin memanjakan nasabah dan calon nasabah.


Investasi ini juga akan memperluas sektor pinjaman tak hanya ke individu. Namun juga ke sektor pertanian dan juga UKM. "Belum, belum ada yang datang ke kita. Nanti kita kaji," ujar Heru.

Asal tahu saja, Bank Yudha Bhakti masuk dalam bank umum kegiatan usaha (BUKU) I atau bermodal di bawah Rp 1 triliun. Hingga kuartal III-2018, Bank Yudha Bhakti memiliki modal inti Rp 627,42 miliar.

Bank ini fokus dalam kredit konsumer pegawai dan pensiunan. Pemegang saham Bank Yudha Bhakti adalah PT Gozco Capital (42,16%), Asuransi Jiwa Adisaranawhanaartha (5,95%), PT Asabri (23,89%) dan publik (28%).

Bank Yudha Bhakti mencatatkan Laba bersih Rp 55,16 miliar pada kuartal III-2018. Angka ini turun dari laba kuartal III-2017 sebesar Rp 59 miliar. Bank Yudha Bhakti menyalurkan kredit sebesar Rp 4,02 triliun. Adapun rasio kecukupan modal atau capital adequaty ratio (CAR) 22,29%.

(hps/hps)

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/2FSH7LH

April 03, 2019 at 12:53AM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "OJK: Akulaku Belum Lapor Suntik Dana ke Bank Yudha Bhakti"

Post a Comment

Powered by Blogger.