Search

Mantap! Peringkat Utang RI Versi RdanI Tetap Investment Grade

Jakarta, CNBC Indonesia - Lembaga pemeringkat asal Jepang Rating and Investment Information, Inc. (R&I) mempertahankan peringkat utang atau Sovereign Credit Rating Indonesia di level layak investasi atau investment grade.

R&I mengukuhkan peringkat utang Indonesia di BBB dengan outlook stabil, Jumat (26/4/2019).

Keputusan itu didukung oleh beberapa faktor utama, yaitu ekonomi Indonesia tumbuh secara solid, rasio defisit fiskal terhadap produk domestik bruto (PDB) menurun dibanding tahun sebelumnya dan rasio utang Pemerintah terhadap PDB tetap rendah, serta resiliensi ekonomi terhadap gejolak eksternal.

Resiliensi itu dapat dijaga dengan dukungan kebijakan pemerintah dan Bank Indonesia yang mengutamakan stabilitas makroekonomi.


"Hasil penilaian lembaga pemeringkat R&I ini menunjukkan bahwa langkah-langkah kebijakan yang ditempuh secara konsisten dan tersinergi oleh Bank Indonesia, pemerintah, dan berbagai pemangku kebijakan yang lain sudah tepat sehingga meningkatkan kepercayaan investor terhadap ketahanan dan prospek perekonomian Indonesia ke depan," kata Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo, dalam siaran pers, Jumat.

Meskipun defisit neraca transaksi berjalan di 2018 melebar, lembaga pemeringkat tersebut menilai cadangan devisa Indonesia masih memadai untuk menutup utang luar negeri jangka pendek.

Pelebaran defisit neraca transaksi berjalan tersebut tidak hanya disebabkan oleh peningkatan harga minyak mentah namun juga oleh peningkatan impor barang modal sebagai akibat semakin kuatnya aktivitas investasi yang akan berkontribusi kepada penguatan fundamental ekonomi.

R&I sebelumnya meningkatkan peringkat Indonesia dari BBB-/Outlook Positif menjadi BBB/Outlook Stabil pada 7 Maret 2018. (dru)

Let's block ads! (Why?)



http://bit.ly/2L5B9f6

April 26, 2019 at 10:51PM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Mantap! Peringkat Utang RI Versi RdanI Tetap Investment Grade"

Post a Comment

Powered by Blogger.