Search

Kisruh Pilpres Bikin Asing Tak Betah Lama-lama Bursa Domestik

Jakarta, CNBC Indonesia - Performa pasar saham tanah air pada hari ini terbilang menggembirakan. Satu jam sebelum perdagangan ditutup, Indeks Harga Saham gabungan (IHSG) menguat 0,28% ke level 6.390,52.

Tak besar memang memang, tapi perlu diingat bahwa IHSG menguat kala mayoritas indeks saham utama kawasan Asia ditransaksikan melemah: indeks Nikkei turun 0,22%, Indeks Shanghai turun 1,2%, dan indeks Kospi turun 0,51%.

Seandainya investor asing tak melakukan aksi jual, niscaya penguatan IHSG akan lebih tinggi lagi. Hingga berita ini diturunkan, investor asing membukukan jual bersih senilai Rp 770,5 miliar di pasar saham tanah air.

Jika bertahan hingga akhir perdagangan, maka akan menandai jual bersih yang keempat secara beruntun. Pada perdagangan kemarin, investor asing membukukan jual bersih senilai Rp 723,8 miliar di pasar saham tanah air.

Lantas, apakah aksi jual yang dilakukan investor asing belakangan ini terkait dengan kisruh seputar pemlihan presiden? Ya, pilpres edisi 2019 memang menyisakan kekisruhan terkait dengan pasangan calon mana yang memenangkan pertarungan.

Sejauh ini, sejumlah lembaga yang melakukan hitung cepat menempatkan pasangan calon nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin sebagai pemenang. Hasil hitung cepat dari Litbang Kompas misalnya, sudah menerima sebanyak 99,95% suara masuk dengan 54,4% suara jatuh ke pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin.

Namun, pasangan calon nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno ikut mengklaim dirinya sebagai pemenang dalam gelaran pilpres kali ini. Bahkan, Prabowo sempat menyebut bahwa dirinya dan Sandiaga meraih sebanyak 62% suara.

"Saudara-saudara sebangsa sekalian, saya mau memberikan update. Berdasarkan real count kita, kita berada di 62%," kata Prabowo di Kertanegara, Rabu Malam (17/4/2019).

Menurut kami, mengalir keluarnya dana investor asing dari pasar saham tanah air dalam beberapa waktu terakhir bukan disebabkan oleh kisruh seputar gelaran pilpres. Pasalnya pada perdagangan pertama semenjak pilpres digelar (18/4/2019), investor asing membukukan beli bersih senilai Rp 1,43 triliun di pasar saham Indonesia. Padahal, sehari sebelumnya Prabowo sudah mengklaim kemenangan dengan marjin yang begitu besar.

Jika benar kisruh pilpres membuat investor asing menghindari Indonesia, seharusnya dari hari pertama perdagangan pun yang kita lihat adalah jual bersih investor asing. (ank/hps)

Let's block ads! (Why?)



http://bit.ly/2ZyaoD3

April 26, 2019 at 10:34PM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Kisruh Pilpres Bikin Asing Tak Betah Lama-lama Bursa Domestik"

Post a Comment

Powered by Blogger.