Search

720 WNI Nyoblos Pemilu Luar Negeri di Denmark dan Lithuania

Jakarta, CNBC Indonesia - Para pemilih di luar negeri ramai-ramai menggunakan hak suaranya dalam Pemilihan Umum 2019 luar negeri yang berlangsung dari tanggal 8-14 April 2019.

Ratusan Warga Negara Indonesia di Denmark dan Lithuania telah menggunakan hak pilihnya di Kopenhagen, Denmark, Sabtu (13/4/2019) yang berjalan dengan lancar. Pemungutan suara dimulai dari pukul 08.00 pagi hingga 18.00 waktu setempat.


Duta Besar Republik Indonesia untuk Denmark merangkap Lithuania, M. Ibnu Said, mengungkapkan bahwa pesta demokrasi ini disambut baik oleh WNI sebagai bentuk untuk penyaluran aspirasi untuk masa depan Indonesia


"Masyarakat Indonesia telah menunjukkan kegembiraannya dan kesenangannya bahwa hari ini (Sabtu, 13 April 2019) telah menyalurkan aspirasinya untuk menentukan masa depan Indonesia yang maju, sejahtera, serta adil dan makmur," ujar M. Ibnu Said dalam keterangan resminya.

720 WNI Nyoblos Pemilu Luar Negeri di Denmark & LithuaniaFoto: Duta Besar Republik Indonesia untuk Denmark Mrangkap Lithuania, M. Ibnu Said, memberikan suaranya di Kopenhagen, Denmar, Sabtu (13/4/2019). (Foto: PPLN Denmark)

Jumlah pemilih di Denmark dan Lithuania yang terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) mencapai 720 pemilih, dengan rincian 570 pemilih menggunakan pos, dan 150 pemilih terdaftar di TPS. Selain itu, tercatat 63 pemilih yang terdaftar dalam Daftar Pemilih Tambahan (DPTb).

Ricat Simanjuntak, Ketua PPLN (Panitia Pemilih Luar Negeri) Kopenhagen, mengatakan keseluruhan surat suara yang diperuntukkan untuk TPS telah dipergunakan untuk mengakomodir pemilih yang mendaftar melalui TPS.

Hal itu juga berlaku untuk para pemilih yang terdaftar dalam DPTb dan pemilih yang datang ke TPS membawa form A5 maupun hanya membawa identitas nasional seperti Daftar Pemilih Khusus (DPK).


Saat ini, PPLN Kopenhagen masih menunggu sisa suara yang kembali setelah sebelumnya dikirim melalui pos hingga 17 April 2019 mendatang. Pelaksanaan Pemilu di TPS juga berjalan lancar tanpa insiden apapun menurut Ketua PPLN Kopenhagen.

Setelah semua surat suara terkumpul pada 17 April 2019, penghitungan suara akan dilakukan pada hari yang sama pada pukul 08.00 pagi sampai selesai pada waktu setempat. (prm)

Let's block ads! (Why?)



http://bit.ly/2v28iNF

April 14, 2019 at 11:20PM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "720 WNI Nyoblos Pemilu Luar Negeri di Denmark dan Lithuania"

Post a Comment

Powered by Blogger.