Search

Gelar Mudik Gratis, Menhub: Jangan Pulang Kampung Pakai Motor

Jakarta, CNBC Indonesia- Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengingat kepada para pemudik untuk tidak menggunakan motor saat menuju kampung halaman. Pemudik bisa menggunakan fasilitas mudik gratis yang disediakan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan swasta

"Secara khusus saya memang menyampaikan bahwa penggunaan motor untuk mudik tidak dilakukan karena membahayakan. Kita menyediakan mudik gratis bagi saudara-saudara kita yang pulang," tutur Budi Karya di Jakarta, Minggu (28/4/2019).

Gelar Mudik Gratis, Menhub: Jangan Pulang Kampung Pakai MotorFoto: Public Launching Gerakan Indonesia Bersih (Aya)

Budi juga mengimbau kepada para perusahaan-perusahaan swasta untuk menyediakan fasilitas mudik gratis menjelang Lebaran nanti. 

"Saya imbau para swasta untuk memberikan cara mudik gratis bersama-sama," tambahnya. 

Pendaftaran mudik gratis yang diselenggarakan Kemenhub sudah dimulai sejak Maret lalu. Calon pemudik bisa mengajukan pendaftaran melalui situs mudik gratis Dinas Perhubungan di beberapa daerah masing-masing.

Pemudik yang menggunakan sepeda motor diwajibkan melampirkan STNK dan berlaku untuk 1 keluarga untuk satu motor. 

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi juga menekankan keselamatan dalam bermudik harus diantisipasi sejak awal. 

"Sekarang ada issue baru bagaimana keselamatan itu dijaga. Saya minta stake holder untuk membuat perangkat-perangkat dini dan pengawasan bagi keselamatan ini," tutur Budi Karya di Jakarta, Minggu (28/4/2019). 

Kementerian Perhubungan (Kemenhub), sambung Budi, sudah melakukan koordinasi dengan semua pihak terkait arus mudik. Namun, pelaporan baru akan dilakukan pekan depan . 

Dengan infrastruktur yang sudah dibangun di beberapa tempat, baik berupa jalan tol atau bandara, Budi berharap mudik berjalan lancar. 

"Pada dasarnya kami sudah koordinasikan dengan semua pihak. Mudik Insya Allah akan lebih lanca dengan sudah dibangunnya infrastruktur baik jalan tol atau bandara," ucapnya. 

Menhub juga tidak khawatir pemudik hanya akan mengandalkan satu jalur saja . Pasalnya, menurut Budi, masyarakat Indonesia sudah cerdas sehingga akan memilih jalur-jalur alternatif lain ketimbang tol saja. 

"Masyarakat kita tuh cerdas jadi enggak semuanya ke tol juga," ucapnya.

[Gambas:Video CNBC] (gus)

Let's block ads! (Why?)



http://bit.ly/2GE7JPO

April 28, 2019 at 06:19PM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Gelar Mudik Gratis, Menhub: Jangan Pulang Kampung Pakai Motor"

Post a Comment

Powered by Blogger.