Search

Asyik, Tahun Ini Mudik Bisa Sambil Wisata dan Dapat Hadiah

Jakarta, 21 Mei 2019- Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya meluncurkan gerakan #PesonaMudik2019.

Program yang diluncurkan untuk menyambut mudik lebaran 2019 serta libur hari raya Idul Fitri 1440 H. Dengan program ini, para pemudik bisa pulang kampung sambil selusur wisata lokal dari pemandangan hingga kuliner, ditambah bisa dapat hadiah.

Pada 2019, diperkirakan akan ada sekitar lebih dari 20 juta orang yang akan melakukan perjalanan mudik. Melalui program tahunan ini, para 'Mudikers' bisa dengan mudah mendapatkan informasi tentang tempat wisata dan kuliner di daerahnya melalui media digital. 


Hal tersebut dilakukan untuk dapat mengabadikan momen seru selama perjalanan mudik dan libur lebaran. Para peserta juga bisa memosting beberapa kegiatan lain yaitu Lomba Foto Instagram.

"Tahun ini, Kemenpar juga mengadakan lomba untuk kaum milenial yaitu lomba Foto Instagram #PesonaMudik2019. Dengan mengikuti lomba ini mereka dapat mengabadikan momen seru selama perjalanan mudik dan libur lebaran," kata Arief Yahya saat ditemui di kawasan Jakarta Pusat, Selasa (21/5/2019).

Di sisi lain, kegiatan mudik ini juga diharapkan bisa meningkatkan ekonomi daerah melalui berbagai aktivitas wisata. Hal ini juga diungkapkan langsung oleh Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kemenpar Rizky Handayani.

"Dalam pariwisata, peristiwa mudik lebaran termasuk dalam aktivitas pariwisata. Ini berarti karena ada pergerakan orang, di situ juga terjadi pergerakan uang yang bisa mendorong pertumbuhan pariwisata daerah," ujar Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kemenpar Rizky Handayani.

Pernyataan ini juga didukung oleh Bank Indonesia yang mengestimasikan akan ada perputaran uang hingga Rp200 triliun selama sebelas hari masa liburan dengan asumsi per orang menghabiskan sekitar Rp10 juta.

Kegiatan jumpa pers Pesona Mudik 2019 ini juga turut diramaikan oleh 18 mitra co-branding dari Kemenpar. Dari 18 mitra co-branding tersebut, terdapat delapan brand oleh-oleh artis seperti Bogor Raincake, Bandung Kunafe, Cirebon Kunamon, Gigi Eat Cake, Savana Cake, Cirebon Kelana, Toba Medan, dan Malang Strudel.

"Program Pesona Mudik Lebaran ini merupakan bentuk co-creation dalam kerja sama co-branding, khususnya brand oleh-oleh artis entrepreneur. Beberapa program di antaranya adalah aktivasi kampanye di media sosial, bazar pesona mudik, dan program promo hot deals, produk oleh-oleh artis yang didukung mitra co-branding lainnya," ungkap Ketua Tim Co-branding Kemenpar, Priyantono Rudito.

Sedangkan sepuluh brand lainnya terdiri dari mitra co-branding Kemenpar seperti, BRI, Grab, Bluebird, Telkomsel, Traveloka, Tiket.com, Hydro Coco, Rumah Zakat, Gofress, dan Batik Trusmi.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan Program Pesona Mudik 2019 merupakan upaya untuk meningkatkan minat masyarakat berwisata sekaligus perwujudan dari penerapan prinsip Industry Lead, Government Support di mana pemerintah berperan dalam mendukung dan memfasilitasi bisnis di sektor pariwisata Indonesia.

"Bentuk kerja sama antara pelaku industri dan Kemenpar ini merupakan langkah untuk mendongkrak ekuitas merek di pasar global dan domestik," tutur Arief. 

[Gambas:Video CNBC]
(gus/gus)

Let's block ads! (Why?)



http://bit.ly/2QfD27Q

May 22, 2019 at 03:44AM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Asyik, Tahun Ini Mudik Bisa Sambil Wisata dan Dapat Hadiah"

Post a Comment

Powered by Blogger.